Bolaindonesia

Ketum PSSI Klaim Tak Pernah Sebut Mau Keluar dari AFF, Media Vietnam Bereaksi

Media Vietnam soroti ucapan Ketum PSSI.

Husna Rahmayunita

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan paparan sebelum rapat koordinasi terkait kompetisi sepak bola Liga 1 2021 di Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Jakarta, Rabu (21/4/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan paparan sebelum rapat koordinasi terkait kompetisi sepak bola Liga 1 2021 di Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Jakarta, Rabu (21/4/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Bolatimes.com - Media Vietnam menyoroti penyataan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terkait isu Timnas Indonesia berencana keluar AFF untuk bergabung ke EAFF.

Termutakhir, Iriawan membantah dirinya pernah memberikan pernyataan mutlak PSSI akan keluar dari AFF melainkan hanya menyampaikan aspirasi netizen.

Diketahui selepas gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022 karena kalah head to head di klasemen mini, netizen mendesak PSSI untuk pindah federasi karena kecewa dengan peraturan AFF di turnamen tersebut.

"Saya tidak mengatakan kami akan keluar dari AFF. Saya hanya menyampaikan keinginan netizen. Tidak pernah (saya mengatakannya). Tolong perhatikan ini," ujar Iriawan.

Lebih lanjut, Iriawan menyebut, pun bila ada rencana pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF), pihaknya akan mempertimbangkan matang-matang dan akan melakukan rapat secara besar-besaran untuk melihat untung dan rugi keluar dari AFF.

"Kami harus meneliti, menganalisis, tidak bisa membuat keputusan begitu cepat. Ini adalah asosiasi negara-negara ASEAN, secara politik kita berdiri bersama dalam asosiasi ini," paparnya.

"Jadi sekali lagi kita harus mempertimbangkan kembali. Tentu saja kita harus mengadakan rapat komite eksekutif. Dan kami harus mengundang para ahli untuk mengomentari apa yang harus kami diskusikan," imbuhnya.

Mengenai klaim Iriawan tersebut, media Vietnam lantas menduga PSSI telah berubah pikiran karena sebelumnya terkesan membuka opsi untuk bergabung ke EAFF.

"Ketua Umum PSSI 'putar arah', tak tinggalkan AFF?," tulis Soha.vn, dikutip Senin (25/7/2022).

"Menurut media Indonesia, PSSI sedang menunjukkan bahwa mereka tidak akan meninggalkan AFF seperti yang diumumkan pekan lalu (bahkan Ketum PSSI) mengumumkan dia akan tetap di AFF)," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini