Bolaindonesia

Tersingkir, Nasib Timnas Indonesia U-19 Disamakan dengan Italia di Euro 2004

Kedua tim sama-sama terdepak karena kalah head to head.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Pesepakbola Timnas Indonesia U-19, Zanadin Fariz (tengah) menangis usai timnya tersingkir di fase grup Piala AFF U-19 2022. [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]
Pesepakbola Timnas Indonesia U-19, Zanadin Fariz (tengah) menangis usai timnya tersingkir di fase grup Piala AFF U-19 2022. [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Bolatimes.com - Nasib Timnas Indonesia U-19 yang gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 disamakan dengan Timnas Italia di Euro 2004 oleh Media Vietnam.

Timnas Indonesia U-19 kalah saing dari Vietnam U-19 dan Thailand U-19 di fase grup Piala AFF U-19 2022. Garuda Nusantara kalah head to head dari dua negara tersebut.

Sebab, timnas Indonesia U-19 hanya mampu imbang 0-0 melawan Vietnam U-19 dan Thailand. Padahal anak asuh Shin Tae-yong punya poin yang sama 11 angka serta unggul selisih gol +15.

Namun, timnas Indonesia U-19 harus tersingkir karena di pertandingan lain Vietnam U-19 vs Thailand U-19 berakhir imbang dengan skor 1-1. Jadi selisih gol yang dibuat Garuda Nusantara tidak berarti.

Media Vietnam kemudian menyindir bahwa waturan turnamen sudah sejak awal diumumkan. Timnas Indonesia U-19 disebut sudah mengerti dan hanya menyalahkan aturan buntut tidak bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

"Anehnya aturan itu ada di awal turnamen dan tentu saja mereka mengerti itu. Tidak memiliki pendapat, menerima permainan, menerima aturan permainan," tulis laporan Lao Dong dinukil pada Rabu (13/7/2022).

"Timnas Indonesia U-19 tidak bisa keluar dari posisi itu, sehingga dari pihak yang salih pelatih hanya menjawab kekesalannya," imbuhnya.

Media itu menambahkan bahwa Indonesia punya posisi seperti Italia yang gagal lolos di Euro 2004 silam. Kala itu Gli Azzurri tak bisa lolos dari fase grup karena kalah saing dari Swedia dan Denmark.

Seperti timnas Indonesia U-19, Italia juga punya poin sama dari Swedia dan Denmark, lima angka. Namun, mereka kalah head to head dan selisih gol juga.

"Indonesia bisa membandingkan diri dengan Italia saat menghadapi situasi menyakitkan Swedia dan Denmark yang seri untuk menyingkirkan mereka di babak grup Euro 2004. UEFA juga punya aturan yang ditentukan demikian dan tidak menyelidiki apakah hasil imbang 2-2," lanjut laporan media Vietnam tersebut..

Namun, ada perbedaan jika melihat jalannya pertandingan. Sebab, Swedia bisa menyamakan kedudukan dengan perjuangan keras yang lahir di menit ke-89.

Di sisi lain, ketika pertandingan Vietnam U-19 vs Thailand U-19 kedua tim sudah bermain imbang di menit ke-75. Sayangnya keduanya lalu mengendorkan intensitas pertandingan dan dianggap tak sportif.

Berita Terkait

Berita Terkini