Bolaindonesia

Menpora Dukung PSSI Laporkan Laga Vietnam U-19 vs Thailand U-19 ke AFF

Menpora mempersilakan PSSI melapor ke AFF

Irwan Febri Rialdi

Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)
Menpora, Zainudin Amali. (Dok: Kemenpora)

Bolatimes.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mendukung langkah tegas PSSI untuk protes ke Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) soal laga dugaan 'main sabun'  Timnas Vietnam U-19 vs Thailand di Piala AFF U-19 2022.

PSSI merasa Timnas Indonesia U-19 diperlakukan tidak adil di kejuaraan tersebut. Seperti diketahui, tim asuhan Shin Tae-yong gagal melaju ke semifinal karena kalah head to head.

Namun, bukan regulasi head to head yang menjadi persoalan. Ada dugaan main mata yang dilakukan Vietnam dan Thailand saat kedua tim berhadapan dalam laga pamungkas Grup A, Minggu (12/7/2022).

Laga Vietnam vs Thailand berakhir dengan skor 1-1. Sementara di partai lain di hari yang sama Timnas Indonesia U-19 menang telak 5-1 kontra Myanmar.

Saat pertandingan Vietnam vs Thailand berlangsung, terutama di menit akhir terlihat kejanggalan. Kedua tim terlihat tidak sportif dalam melakoni pertandingan.

Vietnam banyak bermain di area pertahannnya sendiri. Sementara Thailand nampak tidak ada usaha merebut bola.

Padahal, Timnas Indonesia U-19 butuh lolos andai kedua tim saling mengalahkan atau Vietnam vs Thailand bermain imbang 0-0. Hal inilah yang membuat PSSI merasa janggal sehingga mengirim surat protes ke PSSI.

Terkait hal itu Menpora Zainudin Amali mendukung keputusan PSSI asalkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Ya saya kira itu hak dari federasi, hak dari PSSI kalau merasa ada sesuatu yang kurang ya silakan. Menurut saya itu sesuatu yang wajar dan pemerintah memberikan dukungan sepanjang sesuai dengan rulenya," kata Amali saat ditemui di Gedung Kemenpora, Senayan, Selasa (12/7/2022) malam WIB.

Lebih lanjut, Amali mengaku tidak menonton duel duel Vietnam vs Thailand. Alhasil, ia tidak mau berkomentar lebih jauh.

"Saya nontonnya di Patriot (Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar). Jadi nonton yang menang 5-1, saya tidak nonton itu (Vietnam vs Thailand)," pungkasnya.

(Suara.com)

Berita Terkait

Berita Terkini