Bolaindonesia

Profil Razza Fachrezi, Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Panen Kritikan karena Main Buruk

Razza Fachrezi panen kritikan usai tampil buruk saat bela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Rauhanda Riyantama

Aksi Razza Fachrezi saat laga Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/pssi)
Aksi Razza Fachrezi saat laga Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Timnas U-19 Indonesia membuka Piala AFF U-19 2022 dengan hasil imbang melawan Vietnam, Razza Fachrezi panen kritik dari netizen dan muncul dugaan mengejutkan.

Duel timnas U-19 Indonesia melawan Vietnam digelar pada Sabtu (2/7/2022) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Hasil imbang membuat timnas U-19 Indonesia dalam sorotan setelah dinilai menguasai permainan hingga laga usai, sederet pemain pun kena kritik netizen.

Termasuk Razza Fachrezi yang sempat membuang peluang emas mencetak gol setelah masuk dari bangku cadangan pada babak kedua.

Tak cukup sampai di situ, saat Indonesia melumat Brunei Darussalam dalam pertandingan kedua fase grup ia juga panen kritikan.

Razza dinilai belum memenuhi standar seorang striker tim nasional, pasalnya sederet peluang emas yang diterimanya gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Karena itu tak sedikit netizen melontarkan spekulasi liar dengan menyebut Razza merupakan pemain titipan sosok berpengaruh.

Meski begitu, Razza sempat memberi komentar bijak saat ditemui pewarta usai laga timnas U-19 Indonesia melawan Brunei, Senin (4/7/2022).

"(Kritikan) harus jadi motivasi sih. Ya, mungkin saya masih dalam proses. Baru dua pertandingan juga. Semoga bisa membuktikan diri lebih baik lagi." ucap Razza.

Menilik kritik yang membanjirinya dan kecurigaan netizen Tanah Air akan sosoknya, lantas siapa sebenarnya Razza itu?

Aksi Razza Fachrezi dan Marselino Ferdinan saat laga Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/pssi)
Aksi Razza Fachrezi dan Marselino Ferdinan saat laga Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/pssi)

Profil Razzaa Fachrezi

Memiliki nama lengkap Teuku Razzaa Fachrezi Aziz, pemuda kelahiran Jakarta, 4 Juni 2004 dan kini bermain untuk Persija Jakarta.

Dari laman resmi Transfrmkart, Razza bergabung Persija sejak Maret 2021 setelah bermain untuk Persikabo selama beberapa musim.

Dinilai memiliki kemampuan yang mumpuni, Razza akhirnya digaet Macan Kemayoran dan menempatkan sang pemain sebagai seorang striker.

Berbekal postur tinggi dan besar, hal itu membuat Razzaa berkembang sebagai striker mumpuni tim muda Persija.

Selain itu, ia juga merupakan pemain andalan Persikabo muda selama beberapa kali saat berlaga di EPA (Elite Pro Academy).

Meskipun fakta bahwa namanya kurang populer di EPA tak bisa ditampik, namun tetiba Razzaa menggebrak usai memastikan diri lolos ke skuat timnas U-19 sejak awal 2022.

Hal itu mengejutkan, mengingat sebelumnya nama Razzaa tidak ada dalam skuat tim nasional kelompok umur dan ini menjadi karier perdananya di tim nasional.

Tak heran jika netizen banyak yang menyebut jika Razzaa merupakan pemain titipan, ditambah Razzaa merupakan anak dari sosok penting dunia olahraga Indonesia.

Adalah anggota Komite Eksekutif SEA Games 2022, sekaligus Deputi I CdM Indonesia, Arlan Perkasa Lukman.

Razzaa menjadi salah satu yang mampu bertahan selama pemusatan latihan (TC) yang digelar Shin Tae-yong, termasuk ke Korea Selatan pada Maret lalu.

Melawan Vietnam menjadi debut bagi Razzaa di ajang internasional, sementara melawan Brunei jadi laga keduanya.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini