Bolaindonesia

Profil Hokky Caraka, Pencetak 4 Gol Timnas Indonesia U-19 ke Gawang Brunei

Hokky Caraka gacor banget! Dia mencetak empat gol dari 7-0 kemenangan Indonesia atas Brunei Darussalam

Irwan Febri Rialdi

Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)
Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, di Piala AFF U-19 2022. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Striker timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka, tampil mengesankan dalam pertandingan melawan Brunei Darussalam dalam pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-19 2022.

Pada laga itu, dia sukses mengemas empat gol dari 7-0 kemenangan Garda Nusantara asal Brunei.

Adapun gol Hokky Caraka dilesakkan pada pada menit ke-2, 15', dan 19, dan 45+2'. Sementara dua gol lainnya Timnas Indonesia U-19 dicetak oleh Arkhan Fikri (20') dan Alfiyanto Nico (61').

Profil Hokky Caraka

Pemain yang memiliki nama lengkap Hokky Caraka Bintang Brilliant ini merupakan pesepak bola muda berbakat yang berasal dari Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hokky Caraka tercatat lahir pada 21 Agustus 2004. Praktis, saat ini usianya baru menginjak 17 tahun. Namun, bakatnya memang sudah mencuri perhatian publik sejak masih di kelompok usia junior.

Hokky Caraka mengawali perjalanannya berlatih sepak bola saat bergabung sekolah sepak bola (SSB) Handayani di Gunung Kidul. Setelah itu, ia sempat berlatih bersama Persopi Piyungan.

Karena kemampuannya yang apik, dia lalu direkrut oleh PSS Sleman U-16 untuk berkompetisi di ajang Elite Pro Academy (EPA) U-16.

Pemain yang juga sudah promosi ke tim utama PSS Sleman ini bakatnya kian terasah ketika berhasil lolos seleksi program Garuda Select.

Pasalnya, Hokky Caraka tercatat dua kali berlatih bersama Program Garuda Select di Negeri Ratu Elizabeth, yakni pada jilid ketiga dan keempat.

Salah satu kemampuan Hokky yang kian ditempa selama berada di Inggris ialah kemahirannya membobol gawang lawan.

Hal itu terbukti ketika Hokky menjadi pencetak gol terbanyak program Garuda Select jilid keempat. Selama semusim, ia sukses menjaringkan total 14 gol.

Sementara itu, bersama PSS Sleman, Hokky juga sempat mendapat kesempatan untuk tampil di Liga 1 2021-2022. Dia setidaknya turun sebanyak tiga kali bersama tim Elang Jawa.

Menariknya, Hokky Caraka sebetulnya bukanlah sosok penyerang murni. Sebab, awalnya pemain berusia 17 tahun ini berposisi sebagai stopper atau bek tengah.

Namun, berkat kecermatan Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, Hokky Caraka justru digeser jauh ke posisi sembilan alias striker tengah.

Awalnya, keputusan ini diambil Dennis Wise karena melihat Hokku memiliki kecepatan yang tinggi jika dibandingkan dengan rekan-rekannya yang lain.

Bahkan, tak lama setelah dipasang sebagai striker oleh Dennis Wise, Hokky sukses mencetak hattrick dan akhirnya lolos ke program Garuda Select.

Eksperimen itulah yang membuat Hokky Caraka hingga saat ini mantap bermain sebagai seorang penyerang dengan insting mencetak gol yang tinggi.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini