Bolaindonesia

Profil Nathan James, Bek Timnas Thailand U-19 Keturunan Inggris yang Main di Burnley

Timnas Thailand U-19 diperkuat pemain keturunan Inggris yang bermain di Burnley. Ini akan jadi tantangan bagi Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh Cs

Irwan Febri Rialdi

Pemain Timnas Thailand U-19, Nathan James. (Instagram/changsuek)
Pemain Timnas Thailand U-19, Nathan James. (Instagram/changsuek)

Bolatimes.com - Perjuangan timnas Thailand U-19 selama melakoni fase penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 turut mendapat bantuan bek keturunan Inggris, yakni Nathan James.

Nathan James memiliki kontribusi besar dalam membantu timnas Thailand U-19 mencatatkan dua cleansheet pada dua laga awal Grup A Piala AFF U-19 2022.

Sebetulnya, Nathan James belum dapat kesempatan bermain saat Thailand menang tipis dengan skor 1-0 atas Filipina pada laga perdana Grup A.

Sebab, kesempatan debutnya baru diberikan oleh Salvador Garcia, pelatih timnas Thailand U-19, saat berjumpa Myanmar pada laga kedua yang berakhir dengan kemenangan 3-0 tersebut.

Terlepas dari hal itu, Nathan James tetaplah menjadi salah satu pemain berkualitas yang memperkuat timnas Thailand U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022.

Bukan tidak mungkin, timnas Indonesia U-19 akan menjumpai tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk membobol gawang Thailand dibanding dua laga sebelumnya.

Hal ini tak terlepas dari pengalaman mentereng Nathan James yang berstatus sebagai bek andalan klub Liga Inggris, Burnley U-18.

Profil Nathan James

Sebagai informasi, Nathan James merupakan pesepak bola keturunan Inggris-Thailand yang tercatat lahir di Coventry, 28 September 2004.

Saat ini, pemain yang baru berusia 17 tahun itu berstatus sebagai pemain Burnley FC U-18. Sebelumnya, dia direkrut dari Leicester Youth pada pertengahan tahun 2021.

Sebagai bek tengah, Nathan James memang memiliki keunggulan di sektor postur tubuh. Sebab, tinggi pemain ini mencapai 188 cm.

Nathan James juga memiliki kemiripan dengan Elkan Baggott, bek keturunan Indonesia-Inggris, yang bakal menjadi bintang Asia Tenggara di masa mendatang.

Pasalnya, Nathan James berpeluang besar menjadi bagian dari tim utama Burnley untuk masa depan. Ini karena kontraknya masih berlangsung hingga 2023.

Tak hanya itu saja, ia juga memiliki catatan penampilan yang cukup reguler bersama Burnley U-18 saat mengarungi kompetisi Liga Primer Inggris U-18 2021/2022.

Tercatat, dia telah memainkan total 16 pertandingan di Liga Primer Inggris U-18 dengan jumlah menit bermain yang mencapai 1.089.

Jika dilihat lebih cermat, kesempatan bermain reguler itu baru didapatkan ketika sudah memasuki pertengahan kompetisi.

Sebab, pada paruh pertama Liga Primer Inggris U-18 2021/2022, dia lebih banyak duduk di bangku cadangan dan bermain sebagai pengganti.

Namun, memasuki paruh kedua, catatan penampilannya mulai berkembang. Dia langsung mendapat tempat utama di skuad Burnley U-18 dan kerap tampil sebagai starter.

Dengan demikian, dari 16 penampilannya di Liga Primer Inggris U-18 musim lalu, Nathan James sudah tampil sebagai starter sebanyak 12 kali, dan turun sebagai pemain pengganti sejumlah empat kali.

Itu menjadi catatan yang cukup positif bagi pemain berusia 17 tahun ini. Sebab, perjalanan kariernya masih panjang dan ia sudah mendapat kesempatan tampil secara reguler.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini