Bolaindonesia

Tak Peduli Berapa Gol, Timnas Indonesia U-19 Harus Menang Lawan Brunei Darussalam

Timnas Indonesia U-19 wajib menang lawan Brunei.

Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha

Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di fase grup A Piala AFF U-19 2022. (dok.AFF)
Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di fase grup A Piala AFF U-19 2022. (dok.AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 harus menang lawan Brunei Darussalam tak peduli jumlah golnya andai ingin mengamankan posisi di klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022. Sebagaimana yang diungkap oleh pelatih Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong lebih menekankan Garuda Nusantara harus meraih kemenangan lebih dulu ketimbang target gol lantaran persaingan yang begitu ketat plus jadwal pertandingan yang amat padat.

"Tidak begitu penting untuk berapa gol nanti, memang turnamen ini jangka waktu yang panjang. Tetapi dengan jarak 1 hari bermain jadi kemenangan lebih penting," kata Shin Tae-yong kepada awak media.

Sebelumnya, ia berharap Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan bisa menunjukkan performa terbaik ketika menghadapi Brunei Darussalam. Jika ada kesempatan, Garuda Nusantara diminta bisa mencetak banyak gol.

Di tengah persaingan Grup A yang begitu ketat, produktivitas gol di samping raihan poin dianggap juga sangat penting karena sewaktu-waktu bisa jadi faktor penentu lolos tidaknya tim ke fase knock-out.

Apalagi, Brunei Darussalam baru saja dibantai oleh Myanmar dengan skor 0-7 pada matchday pertama dan di sisi lain, timnas Indonesia cuma bermain imbang tanpa gol kontra Vietnam.

Situasi tersebut membuat ekspektasi penggemar jelang laga ini sangat tinggi. Selain menang, timnas Indonesia U-19 dianggap bisa meraih hasil seperti Myanmar dengan membantai Brunei Darussalam.

Namun, Shin Tae-yong menekankan mencetak banyak gol jangan dijadikan target utama. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan lebih dimita untuk mengamankan tiga poin terlebih dahulu.

Apalagi, di matchday pertama, Shin Tae-yong melihat timnas Indonesia U-19 masih memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah kesulitan mengonversi peluang menjadi gol.

"Penyelesain akhir itu memang tidak bisa diubah dalam waktu singkat, itu harus dibenahi dari waktu usia dini secara sistematis," terang pelatih asal Korea Selatan itu.

"Tetapi itu yang saya sayangi memang harus ada usaha dari usia dini untuk membangunnya secara pelan-pelan," pungkasnya.

Duel Timnas Indonesia U-19 kontra Brunei Darussalam akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022) pukul 20.00 WIB.

Berita Terkait

Berita Terkini