Bolaindonesia

3 Efek Positif usai Proses Naturalisasi Jordi Amat Resmi Dilanjutkan

PSSI dan Shin Tae-yong sepakat lanjutkan proses naturalisasi Jordi Amat

Irwan Febri Rialdi

Bek keturunan Indonesia, Jordi Amat, resmi gabung JDT. (Dok. JDT)
Bek keturunan Indonesia, Jordi Amat, resmi gabung JDT. (Dok. JDT)

Bolatimes.com - Proses naturalisasi Jordi Amat dipastikan tetap berlanjut, terlepas dari kontroversi pasca kabar transfernya ke Johor Darul Takzim (JDT).

Kepastian ini didapatkan setelah pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, berkirim surat ke PSSI. Pelatih asal Korea Selatan itu memutuskan untuk tetap mempertahankan Jordi Amat.

Pihak PSSI akan meneruskan keputusan yang telah diambil oleh Shin Tae-yong terkait Jordi Amat. 

"STY menulis surat pada tanggal 30 Juni 2022. Intinya proses naturalisasi diminta dilanjutkan. Kami sebagai federasi dan tentu arahan dari ketua umum akan melanjutkan," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi seperti dikutip dari laman PSSI, Sabtu (3/7/2022).

Sebelumnya, kabar transfer Jordi Amat ke JDT menuai polemik. Ada yang menuding JDT sengaja memanfaatkan status naturalisasi Jordi Amat untuk memenuhi kuota pemain Asia.

Namun, belakangan agen Jordi Amat menyebut kliennya bergabung dengan menggunakan paspor Spanyol. Jordi Amat juga memberikan klarifikasi bahwa dirinya tetap berkomitmen untuk melanjutkan naturalisasi demi bisa membela Timnas Indonesia.

Dengan kepastian tetap berlanjutnya proses naturalisasi ini, ada dampak positif yang bisa didapatkan. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Mendapatkan Bek Tangguh

Menurut catatan WhoScored, Jordi Amat rata-rata mencatatkan 1,5 tekel, 1,3 intersep, dan 3,3 sapuan per pertandingan di Liga Belgia musim lalu. 

Statistik ini menunjukkan bahwa Jordi Amat punya kemampuan mumpuni sebagai bek. Dengan mendapatkan Jordi Amat, artinya Timnas Indonesia akan mendapatkan bek tangguh.

Kemampuan bertahan yang baik ini tentu akan membantu performa timnas nanti. Selain itu, bek-bek lokal juga bisa banyak belajar dari Amat.

2. Dapat Kekuatan Tambahan di Piala Asia

Timnas Indonesia sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Tentunya butuh kekuatan tambahan yang bisa diraih dengan instan.

Naturalisasi Jordi Amat adalah salah satu jawabannya jika ingin kekuatan Merah Putih bertambah di ajang tersebut. Jika dilanjutkan, maka ini menjadi kabar sangat baik untuk Timnas Indonesia.

3. Lini Belakang Timnas Indonesia Makin Solid

Dengan kehadiran bek-bek muda berpotensi macam Elkan Baggott hingga Rizky Ridho, hadirnya Jordi Amat akan semakin melengkapi lini belakang Timnas Indonesia.

Pengalaman dan kemampuan Jordi Amat akan sangat berguna mengingat Timnas Indonesia bakal menghadapi tim-tim kuat di Asia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini