Bolaindonesia

Shin Tae-yong Kirim Surat ke PSSI, Proses Naturalisasi Jordi Amat Dipastikan Lanjut

Jordi Amat tetap berpeluang bela Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat. (Instagram/@jordiamat5)

Bolatimes.com - Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengabarkan kabar terkini soal proses naturalisasi Jordi Amat selepas menerima usulan dari pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Diketahui, proses naturalisasi Jordi Amat sempat menuai polemik selepas sang pemain memutuskan bergabung ke klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT) belum lama ini.

Ada yang menuding JDT sengaja memanfaatkan status naturalisasi Jordi Amat untuk memenuhi kuota pemain Asia. Namun, belakangan agen Jordi Amat menyebut kliennya bergabung dengan menggunakan paspor Spanyol.

Jordi Amat juga memberikan klarifikasi bahwa dirinya tetap berkomitmen untuk melanjutkan naturalisasi demi bisa membela Timnas Indonesia.

Teranyar, PSSI mengklaim Shin Tae-yong telah mengirimkan surat kepada pihak federasi dan memutuskan untuk melanjutkan proses naturalisasi eks KAS Eupen tersebut.

Pihak PSSI akan meneruskan keputusan yang telah diambil oleh Shin Tae-yong terkait Jordi Amat.

"STY menulis surat pada tanggal 30 Juni 2022. Intinya proses naturalisasi diminta dilanjutkan. Kami sebagai federasi dan tentu arahan dari ketua umum akan melanjutkan," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi seperti dikutip dari laman PSSI, Sabtu (3/7/2022).

Ia mengatakan PSSI akan mendukung semua keinginan pelatih Timnas Indonesia termasuk melakukan pemusatan latihan di mana pun. Sedangkan Jordi Amat dan disebut jadi pemain yang dibutuhkan oleh Timnas Indonesia untuk mengarungi kompetisi ke depan.

Proses pindah kewarganegaraan Jordi Amat dan dua pemain keturunan lain yakni Shandy Walsh dan Shayne Pattynama diharapkan kelar sesegera mungkin.

"PSSI dan STY berharap proses naturalisasi segera rampung. Jordi Amat dibutuhkan untuk menambahkan kekuatan di lini belakang. Selain itu juga masih ada Sandy Walsh dan Shayne Pattinama yang juga masih dalam proses naturalisasi," pungkas Yunus Nusi.

Berita Terkait

Berita Terkini