Bolaindonesia

Hasil Piala Presiden 2022: Tundukkan Persib Bandung Lewat Adu Penalti, PSS Sleman Lolos ke Semifinal

Setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal, laga Persib Bandung vs PSS Sleman dilanjutkan ke babak adu penalti.

Rauhanda Riyantama

Pemain PSS Sleman, Ze Valente dihadang dua pemain Persib Bandung dalam pertandingan perempatfinal Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (1/7/2022). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]
Pemain PSS Sleman, Ze Valente dihadang dua pemain Persib Bandung dalam pertandingan perempatfinal Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (1/7/2022). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Bolatimes.com - PSS Sleman sukses mengalahkan Persib Bandung dalam laga perempatfinal Piala Presiden 2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (1/7/2022). Super Elang Jawa menang 4-2 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Menghadapi PSS Sleman, Persib Bandung mendapat peluang pertamanya di menit ke-4. Menusuk dari sisi kanan, Ricky Kambuaya berhasil melewati pemain belakang dan kiper PSS Sleman. Namun, ia terjatuh sebelum sempat melepaskan tembakan.

Berdasarkan rekaman pertandingan terlihat ada sentuhan dari M Ridwan ketika Kambuaya terjatuh, namun tidak dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit.

Memasuki menit ke-8, PSS menebar ancaman. Mendapat ruang, Rifky melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Beruntung bagi Persib, bola masih mampu dibendung oleh penjaga gawang Fitrul Dwi Rustapa.

Pergerakan Frets Butuan sempat membuat repot barisan pertahanan PSS Sleman di menit 18. Lolos dari kawalan di sisi kiri kotak penalti, Frets melepaskan umpan lambung. Sayang Ezra Walian yang dituju gagal mendapat bola.

PSS Sleman mendapat peluang di menit 30 ketika tiga pemain Super Elang Jawa berhadapan dengan dua pemain belakang Persib.

Namun Ze Valente yang menggiring bola memilih untuk melepaskan tembakan ketimbang mengumpan kepada rekannya yang tidak terkawal. Alhasil, bola berhasil diblok Achmad Jufriyanto.

Peluang emas didapat PSS di menit 39 ketika Boaz menerima umpan silang dari Syaiful. Namun sayang pemain asal Papua itu berada dalam posisi offside.

Hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan.

Tujuh menit bola bergulir di babak kedua PSS berhasil memecah kebuntuan. Menyambut umpan lambung, Boaz Solossa yang diapit dua pemain Persib Bandung berhasil membawa Super Elang Jawa memimpin 0-1.

Tertinggal satu gol, Persib semakin beringas. Serangan demi serangan dilancarkan, namun tak satu pun peluang yang didapat berhasil dikonversi menjadi gol.

Peluang emas di dapat Persib di awal menit 80. Wasit menjunjuk titik putih bagi Maung Bandung.

Marc Klok yang maju sebagai algojo tidak mensia-siakan peluang tersebut. Dengan penuh percaya diri pemain naturalisasi itu menundukkan M Ridwan sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-1 di menit 84.

Kedudukan kembali imbang, pertandingan semakin sengit. Sama-sama tidak ingin tersingkir, Persib dan PSS berupaya mencari celah untuk mencetak gol.

Namun hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada gol tambahan tercipta dan pemenang pertandingan akan ditentukan lewat adu penalti.

Adu Penalti

Turun sebagai penendang pertama bagi Persib, Marc Klok berhasil mencetak gol. Namun skor kembali dipaksa imbang PSS Sleman, 1-1.

Namun penendang kedua Persib, Erwin, gagal setelah tendangannya terbaca dan mampu dibendung M Ridwan. PSS pun memimpin 1-2 setelah Bagus Nirwanto sukses mengeksekusi bola.

Rachmat Irianto dengan tenang menyelesaikan tugasnya sebagai eksekutor ketiga, demikian juga dengan Hambali Talib dari PSS. Skor 2-3.

Sial bagi Persib, Achmad Jufriyanto yang turun sebagai penendang keempat gagal. Rifki yang maju sebagai eksekutor keempat pun berhasil menundukkan Fitrul Dwi Rustapa sekaligus mengunci kemenangan PSS dalam adu penalti ini dengan skor 2-4.

PSS Sleman melaju ke babak semifinal Piala Presiden 2022.

Susunan Pemain

Persib Bandung: Fitrul Dwi Rustapa, Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanro, Rachmat Irianto, David Rumakiek, Abdul Aziz, Marc Klok, Febri Haryadi, Ricky Kambuaya, Frets Butuan, Ezra Wallian.

Pelatih: Robert Rene Alberts.

PSS Sleman: Muhammad Ridwan, Bagus Nirwanto, Syaiful Ramadhan, Dedy Gusmawan, Marckho Sandy Merauje, Wahyu Sukarta, Manda Cingi, Ze Valente, Rifky Suryawan, Irkham Mila, Boaz Solossa.

Pelatih: Seto Nurdiantoro.

Berita Terkait

Berita Terkini