Bolaindonesia

Piala Indonesia 2022 Resmi Bergulir Mulai Agustus

Piala Indonesia 2022 rencananya akan dimulai pada Agustus mendatang.

Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha

Trofi Piala Indonesia. (Suara.com/Adie Prasetyo)
Trofi Piala Indonesia. (Suara.com/Adie Prasetyo)

Bolatimes.com - Piala Indonesia 2022 resmi bergulir setelah lama vakum sejak 2018. Rencananya, PSSI akan memainkan ajang ini pada Agustus mendatang.

Piala Indonesia adalah sebuah turnamen yang diikuti tiga strata kompetisi sepak bola di Tanah Air. Sebanyak 64 peserta yakni 18 klub Liga 1, 28 klub Liga 2 dan 18 klub Liga 3 akan bersaing memperebutkan gelar juara.

Meski jadwal kick-off telah ditentukan pada Agustus 2022, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa pihaknya belum menentukan jadwal pasti kapan Piala Indonesia 2022 akan berlangsung.

"Sesuai rapat Exco PSSI di Bandung beberapa waktu lalu, PSSI berencana melaksanakan Piala Indonesia dengan kick-off pada Agustus 2022,” kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, saat dihubungi Suara.com.

Piala Indonesia 2022 masuk dalam agenda PSSI kali ini sesuai dengan hasil keputusan di Kongres Tahunan PSSI. Adapun Format Piala Indonesia 2022 terdiri dari dari babak 64 besar, 32 besar, 16 besar, 8 besar, semifinal dan final.

Dalam surat edarannya, PSSI menyebut juara Piala Indonesia 2022 akan mewakili Indonesia di Piala AFC edisi selanjutnya. Sementara batas pendaftaran AFC berakhir pada akhir Desember.

Piala Indonesia terakhir kali digelar PSSI adalah pada musim 2018-2019. Ketika itu, PSM Makassar keluar sebagai juara usai mengalahkan Persija Jakarta dengan agregat 2-1 dalam laga final yang berlangsung dua leg.

Karena gelar itu pula PSM Makassar kini menjadi satu dari dua wakil Indonesia di Piala AFC 2022. Bahkan mereka jadi satu-satunya yang berhasil lolos ke semifinal zona ASEAN setelah satu wakil lainnya, Bali United kandas di fase grup.

Berita Terkait

Berita Terkini