Bolaindonesia

PSSI Tak Setuju Jordi Amat Gabung JDT, Ingin Tetap Berkarier di Eropa

Jordi Amat sudah diumumkan sebagai pemain baru JDT

Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha

Sekjen PSSI, Yunus Nusi. [ANTARA/Michael Siahaan]
Sekjen PSSI, Yunus Nusi. [ANTARA/Michael Siahaan]

Bolatimes.com - PSSI turut buka suara terkait kabar pemain keturunan yang proses naturalisasinya sedang berlangsung, Jordi Amat, akan segera membela tim asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Kepindahan Jordi Amat ke JDT akan membuat tujuan naturalisasi pemain keturunan yang sejauh ini dijalankan jadi kurang tepat sasaran.

Pasalnya, PSSI sesuai keinginan pelatih Shin Tae-yong, sebelumnya sudah punya kriteria terkait pemain keturunan seperti apa yang bisa dinaturalisasi Indonesia.

Salah satu syaratnya adalah, pemain incaran harus berkiprah di liga Eropa. Hal itu diketahui dari Rapat Koordinasi antara PSSI dan Kemenpora pada 10 Februari lalu sebagaimana disampaikan Menpora Zainudin Amali.

"Kualifikasi Shin sangat ketat, dia hanya mau naturalisasi pemain keturunan yang main di liga Eropa," kata Zainudin Amali saat itu.

Namun, kabar bergabungnya Jordi Amat ke JDT membuat sang pemain berpotensi tak lagi masuk dalam kriteria naturalisasi yang diinginkan Shin Tae-yong.

Atas dasar itu, PSSI melalui Sekjen Yunus Nusi buka suara. Mereka akan menyerahkan segala keputusan ke tangan Shin Tae-yong selaku sosok yang mengajukan nama Jordi Amat dalam proyek naturalisasi tersebut.

"Kalau diambil (JDT) kami sampaikan ke Shin Tae-yong, karena dia yang meminta (Jordi Amat) jadi pemain naturalisasi," kata Yunus Nusi dilansir dari laman PSSI, Rabu (29/6/2022).

"Kami pertama berharap dia di Eropa, kami lalu serahkan kepada Shin Tae-yong, bagaimana tanggapan dia tentang jordi yang malah main di Malaysia," ia menambahkan.

Proses naturalisasi Jordi Amat sendiri sudah memasuki tahap akhir. Mantan pemain klub Belgia KAS Eupen itu bahkan sudah sempat datang ke Indonesia untuk mengurus segala persyaratan perubahan kewarganegaraan menjadi WNI.

Selain Jordi Amat, ada dua pemain lain yang sedang menjalani proses menjadi WNI yakni Sandy Walsh dan Shyane Pattynama.

Tiga pemain ini disiapkan agar bisa membela Timnas Indonesia di putaran final Piala Asia 2023.

Berita Terkait

Berita Terkini