Bolaindonesia

5 Pemain Termahal di Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan Tertinggi

Inilah para pemain Timnas Indonesia U-19 yang nilai pasarnya sudah tinggi meski masih muda

Irwan Febri Rialdi

Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka. (Dok. PSSI)
Striker Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Gelaran Piala AFF U-19 bakal menjadi ajang pemanasan timnas Indonesia U-19 sebelum mentas di Piala Dunia U-20 2023, sederet nama tenar dengan mahar mahal ada di skuat Shin Tae-yong.

Rangkaian pertandingan Piala AFF U-19 mulai digelar pada 2-15 Juli 2022 mendatang di Jakarta dan Bekasi, Stadion Madya dan Patriot Candrabhaga jadi venue.

Sebanyak 30 pemain sudah masuk dalam skuat timnas Indonesia U-19 dan sudah menjalani sesi pemusatan latihan sejak Senin (20/6/2022).

Beberapa fakta menarik seputar timnas Indonesia U-19 bermunculan, salah satunya yang paling menonjol adalah beberapa pemain dengan banderol selangit.

Meski berstatus pemain muda di timnas kelompok umur, beberapa anak asuh Shin Tae-yong punya nilai pasar tinggi, lantas siapa saja mereka? berikut di antaranya.

1. Edgar Amping

Bermain untuk PSM Makassar, Edgar menjadi salah satu pemain termahal di timnas Indonesia U-19 yang berasal dari Mamuju, Sulawesi Barat.

Menurut laman resmi Transfermarkt, Edgar Amping memiliki banderol sekitar 75 ribu euro atau sekitar Rp1,1 miliar.

Hal itu berbanding lures dengan sosok Edgar yang selalu menjadi andalan Shin Tae-yong, mulai dari turnamen Toulon di mana ia bermain penuh.

2. Kakang Rudianto

Berstatus sebagai wonderkid Persib Bandung, Kakang Rudiyanto termasuk salah satu pemain termahal timnas Indonesia U-19 dengan nilai yang sama dengan Edgar, Rp1,1 miliar.

Kakang saat ini didapuk sebagai kapten timnas Indonesia U-19, menariknya ia ditunjuk langsung oleh Shin Tae-yong saat laga uji coba melawan Korea Selatan U-19 pada Maret lalu.

3. Alfriyanto Nico

Namanya mungkin masih asing di telinga penggemar sepak bola Indonesia, namun kini perlahan mencuat ke permukaan dan bahkan punya nilai pasar tinggi.

Pemain Persija Jakarta itu musim ini sudah mengemas tiga gol dari 18 pertandingan di musim perdana Liga 1 2021-2022 dan memiliki banderol 125 ribu euro atau sekitar Rp1,9 miliar.

Nilai itu muncul sejak Desember 2021, dan mulai naik sejak ditaksir hanya 25 ribu euro atau sekitar Rp319 juta pada April tahun lalu.

4. Ronaldo Kwateh

Berstatus sebagai wonderkid timnas Indonesia, Ronaldo Kwateh punya nilai pasar tinggi kedua di skuat U-19 asuhan Shin Tae-yong.

Ronaldo Kwateh memiliki harga sekitar Rp2,3 miliar, nilai tersebut membuat sang pemain mendapat banyak perhatian khususnya sejak laga melawan Timor Leste Januari lalu.

5. Marselino Ferdinan

Wonderkid asal Persebaya Surabaya ini menjadi pemain timnas Indonesia U-19 yang paling mahal dengan nilai pasar 175 ribu euro atau sekitar Rp2,7 miliar.

Marselino berstatus sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2021-2022, bahkan ia mencetak rekor fenomenal di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Gol yang ia cetak ke gawang Nepal membuat Marselino sebagai pemain pencetak gol termuda di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kontributor: Eko Isdiyanto

Berita Terkait

Berita Terkini