Bolaindonesia

Profil Sami Khedira, Eks Real Madrid yang Dirumorkan ke Persija Jakarta

Sami Khedira digosipkan gabung Persija di Liga 1 2022/2023.

Rauhanda Riyantama

Sami Khedira saat bermain di Real Madrid. (AFP)
Sami Khedira saat bermain di Real Madrid. (AFP)

Bolatimes.com - Rumor mengejutkan hadir dari Persija Jakarta. Rekrutan anyar mereka, Ondrej Kudela, mengisyaratkan kalau Sami Khedira bisa bergabung dengan Macan Kemayoran.

Kudela, dalam unggahan di Instastory miliknya, memasang sebuah foto Khedira ketika sedang bertemu dengan desainer asal Italia, Brunello Cucinelli.

Pemain asal Ceko itu menyematkan caption yang mengisyaratkan bahwa Khedira akan menjadi rekrutan anyar Persija selanjutnya.

"[Rekrutan] selanjutnya," tulis bek berusia 35 tahun tersebut sambil memasang emoji harimau yang lekat dengan identitas Persija.

Rumor ini bisa saja jadi kenyataan jika memang Persija berniat, pasalnya masih ada dua slot pemain asing yang kosong di tim Ibu Kota.

Persija baru saja mendatangkan dua pemain asal Ceko, Andrej Kudela, dan striker eks topskor Liga Ceko, Michael Krmencik. Lantas, seperti apa sepak terjang Khedira? Berikut ulasan profilnya!

Profil Sami Khedira

Sami Khedira kahir di Stuttgart, Jerman pada 1987. Dia memiliki ayah yang berdarah Tunisia sehingga bisa bermain untuk timnas Jerman dan Tunisia.

Karier sepak bola Khedira dimulai dengan menimba ilmu di akademi kampung halamannya, TV Oeffingen. Dia lalu pindah ke akademi VfB Stuttgart pada 1995.

Hampir 10 tahun lamanya Khedira menimba ilmu di sana dan bermain di tim junior hingga akhirnya promosi ke tim utama pada musim 2006/07 di bawah arahan pelatih Armin Veh.

Khedira langsung unjuk kebolehan di musim perdananya dan membawa Stuttgart menjadi kampiun Liga Jerman musim 2006/07.

Total empat musim lamanya Khedira bermain di tim utama Stuttgart hingga pada musim 2010/11 dia pindah ke Real Madrid dengan biaya 14 juta euro.

Di Real Madrid, Khedira menghabiskan lima musim dengan total penampilan 161 kali. Khedira juga meraih berbagai gelar mulai dari Liga Spanyol,  Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antarklub.

Setelah kontraknya habis di Madrid, Khedira pindah ke Juventus pada Juni 2015. Bersama Si Nyonya Tua, Khedira bermain 145 kali dengan meraih 5 Scudetto, 3 trofi Coppa Italia, dan satu Supercoppa Italiana.

Di Februari 2021, Khedira memutuskan pulang ke Jerman dan bergabung dengan Hertha Berlin. Setelah hanya memainkan 8 pertandingan, Khedira memutuskan pensiun di akhir musim.

Di level tim nasional, Khedira sudah melakoni debutnya untuk Timnas Jerman pada 2009. Total dia mengoleksi 77 caps dan prestasi terbaiknya bersama The Panzer adalah menjadi kampiun Piala Dunia 2014.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini