Bolaindonesia

Resmi, Piala Dunia U-20 Digelar 20 Mei sampai 11 Juni 2023 di Indonesia

Piala Dunia U-20 akan digelar mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Rauhanda Riyantama

Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (Dok. PSSI)
Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Induk sepak bola dunia, FIFA, belum lama ini merilis jadwal Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan pada tahun 2023 di Indonesia.

FIFA menyebutkan, bahwa gelaran bergengsi ini sendiri akan dihelat di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Indonesia sendiri sejak lama telah terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Tercatat, Tanah Air didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan pada 2019 lalu.

Indonesia berhasil menjadi tuan rumah mengalahkan negara-negara lainnya yang mengajukan diri seperti Brasil dan juga Peru.

Sedianya, ajang bergengsi antar pemain-pemain muda dari seluruh dunia ini digelar di Indonesia pada tahun 2021 lalu.

Namun akibat adanya pandemi Covid-19, FIFA pun memutuskan ajang ini diundur hingga 2023, di mana Indonesia tetap menjadi tuan rumah.

Kini, dalam waktu kurang dari satu tahun lagi, Indonesia akan menyambut ajang ini, di mana FIFA telah menentukan jadwal penyelenggaraan sejak 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Adapun venue penyelenggaraan ajang bergengsi ini akan diadakan di enam tempat yakni, Stadion Jakabaring (Palembang), Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).

Sejauh ini, keenam venue itu telah melakukan persiapan cukup apik dan membuat delegasi FIFA yang melakukan pengecekan puas terhadap persiapan yang telah dibuat.

4 Tim Telah Memastikan Lolos

Piala Dunia U-20 2023 nanti akan diikuti oleh 24 negara dari berbagai konfederasi. Indonesia selaku tuan rumah pun telah mendapat jatah satu tiket.

Sedangkan 23 tiket tersisa akan diperebutkan oleh masing-masing konfederasi seperti Eropa (UEFA), Asia, Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF), Amerika Selatan (CONMEBOL), Afrika, dan Oceania.

Sejauh ini, sudah empat tim telah memastikan lolos ke putaran final, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Sedangkan tiga tim lainnya yang telah merebut tiket ke putaran final adalah tiga negara raksasa sepak bola Eropa, yakni Italia, Prancis, dan Inggris.

Ketiga negara ini telah memastikan satu tiket setelah lolos ke babak semifinal Euro U-19 yang tengah berlangsung hingga berakhir pada 2 Juli 2022 nanti.

Zona Eropa sendiri akan mendapat jatah lima tiket. Sehingga, dua tiket tersisa akan diperebutkan oleh sederet tim tersisa di Euro U-19.

Lalu zona Asia, Amerika Utara dan Tengah, Amerika Selatan dan Afrika akan mendapat jatah empat tiket. Sedangkan dua tiket tersisa akan diberikan kepada zona Oceania.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini