Bolaindonesia

Jangan Bingung, 4 Klub Liga 1 Ini Resmi Berganti Nama Sambut Musim Baru

Ada empat klub Liga 1 yang berganti nama, siapa saja?

Irwan Febri Rialdi

Edo Febriansyah (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta. (Dok. Rans)
Edo Febriansyah (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persija Jakarta. (Dok. Rans)

Bolatimes.com - Menjelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2022/23, sejumlah kontestan berganti nama klub. Pergantian ini disahkan melalui Kongres PSSI 2022.

Kongres PSSI 2022 yang belum lama ini dilangsungkan telah mengesahkan beberapa pergantian nama klub Tanah Air. Total ada 22 klub dari Liga 1 hingga Liga 3 yang berganti nama.

Banyak di antaranya mempunyai nama-nama yang menarik dan mencuri perhatian publik, terlebih klub-klub dari Liga 3 yang merupakan kasta paling bawah di piramida sepak bola Indonesia.

"Pergantian tersebut sudah tertuang dalam surat keputusan dan sudah ada ketentuannya," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan usai kongres di Bandung, Senin (30/5/2022).

Nah, untuk klub Liga 1 sendiri, total ada 4 tim yang resmi berganti nama dan disahkan dalam Kongres PSSI. Siapa saja mereka?

1. RANS Nusantara FC

Klub milik selebritis dan pengusaha asal Indonesia, Raffi Ahmad, ini berganti nama menjadi RANS Nusantara FC yang sebelumnya bernama RANS Cilegon FC.

Mereka merupakan tim promosi di Liga 1 2022/23 setelah menjadi runner-up Liga 2 musim lalu. Mereka menjadi salah satu klub promosi yang menarik perhatian.

2. Persikabo 1973

Selanjutnya ada klub yang berbasis di Bogor. Adalah Persikabo yang kini berganti nama menjadi Persikabo 1973, setelah sebelumnya bernama Tira Persikabo 1973.

Persikabo sendiri harus kehilangan beberapa pemain pilarnya, di antaranya ada sang penyerang, Ciro Alves, yang memutuskan pindah ke Persib.

3. Borneo FC Samarinda

Tidak ketinggalan dari tanah Kalimantan, ada Borneo FC yang berganti nama menjadi Borneo FC Samarinda. Manajemen klub memutuskan untuk menambahkan kota domisili mereka di belakang nama klub.

Musim lalu Borneo FC finis di posisi keenam klasemen akhir Liga 1.

4. Martapura Dewa United

Klub Liga 1 selanjutnya yang memutuskan berganti nama adalah Martapura FC. Kini mereka memiliki nama Martapura Dewa United.

Sama seperti RANS FC, Martapura Dewa United merupakan tim promosi di Liga 1 musim depan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini