Bolaindonesia

Profil Eddy Sharol Izzat Omar, Kapten Brunei U-19 yang Tebar Ancaman untuk Indonesia di Piala AFF U-19 2022

Eddy Sharol Izzat Omar sesumbar bisa memberikan kejutan untuk Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

Irwan Febri Rialdi

Timnas Brunei Darussalam U-19. (Dok. TheThao247)
Timnas Brunei Darussalam U-19. (Dok. TheThao247)

Bolatimes.com - Jauh sebelum ajang Piala AFF U-19 2022 bergulir, kapten timnas Brunei Darussalam U-19, Eddy Sharol Izzat Omar, sudah menebar ancaman kepada para pesaingnya, termasuk Indonesia.

Pada babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, Eddy Sharol Izzat Omar merasa optimistis andai Brunei Darussalam U-19 mampu memberikan kejutan.

Bahkan, Eddy Sharol Izzat Omar tak sedikit pun merasa gentar menghadapi tim-tim kuat di Grup A Piala AFF U-19 2022 seperti Thailand, Vietnam, maupun Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah.

Perang urat syaraf itu mulai digencarkan Eddy Sharol lantaran dirinya merasa optimistis bahwa Brunei Darussalam U-19 mampu mencuri poin saat berjumpa tiga tim kuat di grup neraka Piala AFF U-19 2022.

“Brunei Darussalam U-19 dapat bersaing dengan rival regional utama seperti Indonesia, Thailand, atau Vietnam,” kata Omar dikutip dari The Thao, Kamis (23/6/2022).

“Saya merasa yakin bahwa Brunei U-19 bisa mendapatkan poin pada pertandingan-pertandingan tersebut,” ia menambahkan.

Ancaman yang sudah ditebar Eddy Sharol Izzat Omar jauh-jauh hari ini bakal semakin meramaikan gelaran Piala AFF U-19 2022.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Eddy Sharol Izzat Omar, kapten timnas Brunei Darussalam U-19 yang sudah menyajikan psywar jelang Piala AFF U-19 2022 itu? Berikut Bolatimes.com menyajikan ulasannya.

Profil Eddy Sharol Izzat Omar

Bisa dibilang Eddy Omar Izzat Omar merupakan salah satu pemain muda di skuad timnas Brunei Darussalam U-19 yang telah mencuri perhatian sejak usia muda.

Pasalnya, Eddy Omar sudah tampil di tim nasional sejak di kelompok U-15. Saat itu, ia tampil bersama Brunei Darussalam U-15 di ajang Piala AFF U-15 2017 yang berlangsung di Kamboja.

Masih pada tahun yang sama, Eddy Omar juga tergabung dalam skuad Brunei Darussalam U-16 yang dikirim untuk mengikuti ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Ketika itu, pelatih Brunei Darussalam U-16, Stephen Ng, membawa 23 nama pemain dan salah satunya ialah Eddy Omar. Padahal, ketika itu usianya baru menginjak 14 tahun.

Sayangnya, Brunei Darussalam U-16 gagal lolos karena hanya mampu finis di peringkat ketiga klasemen Grup F dengan koleksi enam poin dari empat laga.

Meskipun demikian, Eddy Omar sempat menyumbangkan satu gol ketika Brunei Darussalam U-16 pesta gol dengan skor 4-0 ke gawang Macau.

Setahun berselang, Eddy Omar kembali dibawa oleh timnas Brunei Darussalam U-18 di Piala AFF U-16 2018 yang berlangsung di Sidoarjo dan Gresik, Jawa Timur.

Sayangnya, kiprah Eddy dan kawan-kawan gagal memukau. Sebab, mereka harus mengakhiri persaingan di dasar klasemen Grup B karena tak mampu mengoleksi poin.

Dari empat pertandingan, mereka selalu menelan kekalahan. Pada fase ini, Eddy sempat menyumbang satu gol saat Brunei dihantam Malaysia dengan skor 1-6.

Penampilan selanjutnya pemain ini tercatat pada Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Saat itu, ia berjuang bersama Brunei Darussalam di Grup G.

Sayangya, mereka gagal lolos karena selalu jadi bulan-bulanan tim lawan. Namun, Eddy kembali mencatatkan gol saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara ketika Brunei menang dengan skor tipis 4-3.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini