Bolaindonesia

Andalan, 5 Pemain Ini Paling Sering Dipakai Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Semua masih muda dan menjadi tulang punggung pilihan Shin Tae-yong

Irwan Febri Rialdi

Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)
Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Sejak menukangi Timnas Indonesia selama dua tahun terakhir, ada beberapa pemain yang tercatat paling sering dimainkan oleh Shin Tae-yong.

Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong terbilang ketat dalam melakukan pemanggilan pemain. Cukup banyak kriteria yang dinilai oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Tak cuma kemampuan atau skill individu, Shin Tae-yong memilih pemain berdasarkan sistem permainan yang ingin diterapkan di Timnas Indonesia.

Tidak sedikit pula pemanggilan pemain yang dilakukan oleh Shin Tae-yong menuai kritikan karena dinilai kurang tepat sasaran.

Meski begitu, Shin Tae-yong nyatanya tutup telinga dan tetap pada keputusannya. Berikut beberapa pemain yang paling sering dimainkan di Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong.

1. Rachmat Irianto

Usianya memang masih 22 tahun, tapi Rachmat Irianto sudah menjadi andalan Shin Tae-yong untuk mengawal lini tengah. Di bawah arahan Shin Tae-yong pula, permainan Irianto kini berkembang.

Jika dulu lebih dikenal sebagai bek, kini Irianto bisa bermain di berbagai posisi, mulai dari bek, gelandang, hingga bek sayap. Fleksibilitas ini yang bikin Irianto kerap dimainkan oleh Shin Tae-yong dengan catatan 19 kali tampil di Timnas Indonesia.

2. Pratama Arhan

Arhan merupakan pilihan pertama Shin Tae-yong di sektor kiri pertahanan Timnas Indonesia. Sama seperti Irianto, dia sudah mengemas 19 penampilan buat Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong.

Bahkan, selama ini Pratama Arhan baru dua kali memulai permainan dari bangku cadangan. Berkat kepercayaan itu pula Arhan kini punya kesempatan bermain di Jepang bersama Tokyo Verdy.

3. Asnawi Mangkualam

Jika di sisi kiri ada Arhan, maka di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia rezim Shin Tae-yong selalu ada Asnawi Mangkualam yang dimainkan.

Pemain Ansan Greeners ini sudah mencatatkan 19 penampilan dan beberapa kali dipercaya menjadi kapten oleh Shin Tae-yong.

4. Ricky Kambuaya

Namanya kian melejit setelah sering mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong. Kambuaya kini dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di Indonesia.

Dia selalu menjadi pilihan utama di lini tengah dan kini sudah mencatatkan 17 penampilan bersama Timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong.

5. Witan Sulaeman

Usianya memang baru 20 tahun, tapi Witan terbukti bisa menjadi andalan Shin Tae-yong di lini depan Timnas Indonesia. Dia sudah mencatatkan 17 penampilan dengan durasi bermain 1.277 menit.

Kepercayaan Shin Tae-yong itu dibuktikan dengan torehan 6 gol dan 6 assist di Timnas Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini