Bolaindonesia

Ngeri, Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 andai Sandy Walsh Cs Sah Jadi WNI

Timnas Indonesia diprediksi makin kuat jika sejumlah pemain keturunan ikut tampil di Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang jika pemain keturunan seperti Sandy Walsh dkk telah resmi menjadi WNI.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia belum lama ini telah memastikan diri bakal tampil di putaran final Piala Asia 2023.

Keberhasilan ini tak lepas dari kesuksesan Timnas Indonesia merengkuh satu dari 11 tiket yang diperebutkan di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Di babak kualifikasi tersebut, Timnas Indonesia berhasil merengkuh tiket usai finis sebagai Runner Up grup terbaik kedua di belakang Kirgizstan.

Di fase grup pada babak Kualifikasi Piala Asia 2023 itu, tim Merah Putih berhasil merengkuh dua kemenangan yakni atas Kuwait dan Nepal serta satu kekalahan dari Yordania.

Total sembilan gol dilesakkan penggawa skuat Garuda ke gawang lawan dengan hanya kebobolan dua gol saja, yakni satu gol dari Kuwait dan Yordania.

Keberhasilan ini membuat Timnas Indonesia untuk pertama kalinya sejak 15 tahun silam kembali akan tampil di Piala Asia.

Dibandingkan empat edisi sebelumnya, Piala Asia edisi 2023 ini akan terasa spesial seiring hadirnya optimisme dari para pendukung Timnas Indonesia.

Optimisme ini lahir karena bakal hadirnya para pemain keturunan yang ada di Eropa dan tengah dalam proses dinaturalisasi.

Saat ini, Timnas Indonesia tengah gencar menjalani proses naturalisasi beberapa pemain keturunan yang di Eropa untuk modal bermain di Piala Asia 2023 nanti.

Sejauh ini baru ada tiga pemain yang dalam waktu dekat akan dinaturalisasi dan jadi WNI, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Ketiga pemain itu bahkan telah datang ke Indonesia, di mana dua di antaranya yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat telah menjalani proses latihan bersama tim senior.

Dalam waktu dekat, ketiganya diyakini akan mendapat kewarganegaraan Indonesia dan bisa mulai membela skuat Garuda di ajang internasional.

Dengan fakta bahwa ketiganya akan menjadi WNI dalam waktu dekat dan bisa berlaga di Piala Asia 2023, maka akan terjadi perubahan dalam Starting Line Up Timnas Indonesia.

Jika ketiganya masuk dalam skuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti, seperti apa Starting Line Up skuat Garuda kelak?

Perombakan di Sektor Bek

Mengingat Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama berposisi sebagai bek, maka akan ada perombakan besar-besaran di lini belakang Timnas Indonesia.

Hanya saja, perombakan besar-besaran ini tak akan berlaku jika Shin Tae-yong kembali menerapkan formasi tiga bek yang ia gunakan di Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu.

Jika menggunakan formasi tiga bek, maka Sandy Walsh yang berposisi bek kanan dan Shayne Pattynama yang berposisi sebagai bek kiri akan menjadi wing back.

Lalu Jordi Amat akan berperan di posisi tiga bek bersama pemain kawakan, Fachrudin Aryanto dan pemain muda yang bermain di Inggris, Elkan Baggott.

Untuk lini tengah dan lini depan tentu tak akan perombakan besar-besaran, mengingat sejauh ini belum ada pemain keturunan yang bakal menempati pos tersebut.

Kurang lebih, formasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti akan seperti formasi dibawah ini.

Timnas Indonesia (3-4-3)

Nadeo Argawinata; Fachrudin Aryanto, Jordi Amat, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Shayne Pattynama; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Dimas Drajad.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini