Bolaindonesia

3 Keuntungan Indonesia andai Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Indonesia akan mendapatkan tiga keuntungan ini apabila menjadi tuan rumah Piala Asia 2023

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Keuntungan Indonesia andai Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Berikut sederet keuntungan yang akan didapatkan Timnas Indonesia jika menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang.

Belakangan ini, jagat sepak bola Asia tengah diributkan oleh tempat penyelenggaraan ajang empat tahunan Piala Asia pada 2023 nanti.

Sebagaimana diketahui, China yang sebelumnya didapuk menjadi tuan rumah, memutuskan mengundurkan diri sebagai tempat penyelenggaraan Piala Asia.

Alasan negeri tirai bambu itu mundur dari statusnya sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 dikarenakan pandemi Covid-19.

Alhasil, kini AFC selaku Konfederasi Sepak Bola Asia dan penyelenggara, tengah mencari negara yang mau menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Dari sekian banyak negara, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 nanti.

Hanya saja, PSSI selaku federasi masih pikir-pikir. Sebab, pada 2023 nanti Indonesia juga menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Waktu yang sangat mepet antara penyelenggaraan Piala Dunia U-20 dan Piala Asia 2023 menjadi penghalang bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Meski demikian, Indonesia tampaknya juga harus mempertimbangkan beberapa hal, terutama keuntungan jika nantinya terpilih sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Apa saja keuntungan itu?

1. Masuk Pot 1

Dengan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Indonesia nantinya otomatis akan masuk ke Pot 1 dalam Drawing penentuan babak grup ajang ini.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia punya ranking terendah ketimbang kontestan Piala Asia lainnya, sehingga akan ditempatkan di Pot 4 dan berpotensi gabung grup neraka.

Jika Indonesia menjadi tuan rumah, maka skuat Garuda yang masuk Pot 1 bisa saja terhindar dari grup neraka dan bisa bertemu lawan-lawan yang terbilang mudah berasal dari Pot 2 hingga Pot 4.

2. Menaikkan Pamor Indonesia

Hadirnya Piala Asia 2023 di Indonesia akan mendongkrak pamor Tanah Air sebagai salah satu negara sepak bola di Asia.

Kesuksesan menggelar ajang Piala Asia 2007 hingga Asian Games 2018 sudah membuat nama Indonesia melambung sebagai salah satu tempat penyelenggaraan olahraga bergengsi di Asia.

Jika nantinya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, maka nama Indonesia di mata Asia akan semakin apik. Apalagi saat ini Tanah Air sudah memiliki beberapa sarana kelas internasional yang makin mempercantik citra Nusantara sebagai negara sepak bola.

3. Mendongkrak Ekonomi dan Pariwisata

Hadirnya Piala Asia 2023 di Indonesia secara tak langsung bisa mendongkrak ekonomi dan pariwisata Tanah Air yang dalam dua tahun terakhir menurun drastis akibat pandemi.

Hadirnya Piala Asia 2023 otomatis akan membuat banyak wisatawan melancong ke Indonesia, yang jelas akan memberi dampak pada ekonomi masyarakat.

Selain itu, wisata Indonesia juga akan makin dikenal lebih jauh sekaligus membantu perekonomian masyarakat di sekitar tempat wisata.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Berita Terkait

Berita Terkini