Bolaindonesia

4 Catatan Apik Elkan Baggott Musim Ini, Bersinar di Ipswich Town dan Timnas Indonesia

Elkan Baggott sama-sama berprestasi bersama Ipswich Town dan Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Elkan Baggott perpanjang kontrak dengan Ipswich Town. (Instagram/@Ipswichtown)
Elkan Baggott perpanjang kontrak dengan Ipswich Town. (Instagram/@Ipswichtown)

Bolatimes.com - Menilik empat catatan apik yang dibuat oleh bek muda milik Ipswich Town dan Timnas Indonesia, Elkan Baggott, di musim ini.

Elkan Baggott tampaknya tengah menjalani musim menakjubkan di usianya yang baru 19 tahun, baik di level klub maupun tim nasional.

Sepanjang musim 2021/2022 ini, pemain keturunan Indonesia itu mampu menorehkan sederet prestasi individual yang tak bisa dipandang remeh untuk anak seusianya.

Di usia yang belum genap 20 tahun, pemain kelahiran Thailand ini sudah berhasil menembus skuat utama Timnas Indonesia.

Selain itu dirinya juga menjadi andalan bagi timnya, Ipswich Town yang berlaga di kancah League One atau kasta ketiga sepak bola Inggris.

Karena kiprahnya tersebut, namanya pun melejit dan kini menjadi pujaan, baik di Ipswich Town maupun di Timnas Indonesia.

Di sepanjang musim 2021/2022 ini, Elkan Baggott menorehkan sederet catatan fantastis. Apa saja catatan fantastis yang dibuatnya tersebut?

Berikut rangkumannya.

1. Debut untuk Timnas Indonesia dan Ipswich Town

Di sepanjang musim 2021/2022 atau terhitung sejak Juni 2021 hingga Juni 2022, Elkan Baggott mencatatkan debutnya di Timnas Indonesia dan Ipswich Town.

Debut di Timnas Indonesia ia dapatkan pada November 2021 lalu, kala skuat Garuda berhadapan dengan Afghanistan di laga persahabatan bertajuk FIFA Matchday di Turki.

Setelahnya, Elkan Baggott menjadi andalan Timnas Indonesia di ajang sekelas Piala AFF hingga babak Kualifikasi Piala Asia 2023. Hebatnya, di ajang terakhir ia tak pernah tergantikan, atau selalu menjadi starter.

Tak hanya debut untuk Timnas Indonesia, di musim ini Elkan Baggott juga naik kasta ke tim utama Ipswich Town, di mana ia melakukan debut di League One pada 16 April 2022 lalu kala melawan Rotherham United.

Debutnya di League One itu membuat Elkan Baggott mencatatkan dirinya sebagai pemain Indonesia pertama yang tampil di kompetisi Liga Inggris.

2. Antar Timnas Indonesia ke Piala Asia

Elkan Baggott boleh berbangga diri dengan CV yang ia miliki sejauh ini. Apalagi setelah dirinya membawa Timnas Indonesia kembali ke Piala Asia pertamanya sejak 2007 silam.

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, Elkan Baggott menjadi andalan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, di mana ia menjadi starter di tiga laga kala melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Dalam tiga pertandingan itu, Elkan Baggott bermain penuh dalam dua laga saja, yakni kala melawan Yordania dan Nepal. Sedangkan melawan Kuwait, ia ditarik pada menit ke-78.

Penampilan solidnya di lini belakang membuat Timnas Indonesia pun berhasil kembali ke Piala Asia sejak 2007 silam.

3. Cetak Gol untuk Timnas Indonesia

Sejak debutnya bersama Timnas Indonesia pada November 2021 lalu, Elkan Baggott telah tampil sebanyak 10 kali, berdasarkan perhitungan Transfermarkt.

Dalam jumlah penampilan tersebut, ia telah mencatatkan dua gol. Jumlah gol ini terbilang cukup apik bagi pemain muda sekaligus pemain yang berposisi sebagai bek.

Gol perdana Elkan Baggott untuk Timnas Indonesia dibuat di ajang Piala AFF 2020 kala melawan Malaysia di laga terakhir fase grup.

Uniknya, gol kedua Elkan Baggott untuk Merah Putih juga dibuat di laga terakhir fase grup Kualifikasi Piala Asia 2023 kala melawan Nepal.

4. Dapat Kontrak Jangka Panjang

Penampilan apik Elkan Baggott di level klub dan tim nasional membuat Ipswich Town pun memberikan ganjaran kontrak baru.

Tak tanggung-tanggung, Ipswich Town memberikan kontrak jangka panjang untuk Elkan Baggott yakni hingga 2025 mendatang.

Karena mendapat kontrak jangka panjang ini, Elkan Baggott pun diprediksi akan menjadi andalan di tim utama, mengingat jam terbangnya yang terhitung tinggi.

Kini, ia pun punya tugas khusus yakni membawa Ipswich Town naik kasta ke Divisi Championship atau bahkan Premier League dalam tiga tahun sisa kontraknya.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Berita Terkait

Berita Terkini