Bolaindonesia

Ketum PSSI Pastikan Shin Tae-yong Tetap Tukangi Timnas Senior, U-23 dan U-19

Shin Tae-yong tetap rangkap jabatan.

Husna Rahmayunita

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Istimewa)
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Istimewa)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pastikan Shin Tae-yong tetap melatih tiga kelompok usia yakni Timnas Indonesia senior, timnas U-23 dan U-19.

Keputusan ini diambil selepas Shin Tae-yong menyanggupi untuk melanjutnya tugas sebelumnya dengan merangkap jabatan.

Semula, PSSI meminta Shin Tae-yong untuk fokus ke Timnas U-20 saja usai Kuaifikasi Piala Asia 2023 dengan alasan meringankan tugas juru taktik asal Korea Selatan itu.

Namun, saat dikonfirmasi setelah pulang dari Kuwait, Shin Tae-yong tetap bersedia melatih tiga kelompok umur timnas Indonesia.

"Ternyata Shin Tae-yong tetap menyanggupi untuk memegang tiga tim. Alasanya untuk kesinambungan di semua level kelompok umur. Kami lalu diskusikan dengan Exco PSSI soal alasan yang bersangkutan. Akhirnya saya memutuskan Shin Tae-yong tetap menangani tim U-19, U-23, dan senior,” ujar Iriawan seperti dikutip dari laman PSSI, Sabtu (18/6/2022).

Shin Tae-yong pun membeberkan alasan tetap ingin melatih tiga tim. Ia bertekad mengembangkan sepak bola Indonesia.

"Sampai saat ini tidak ada masalah. Dengan begitu saya bisa lebih mendalami sepakbola Indonesia," ungkapnya.

Ia menyadari tugasnya cukup melelahkan. Tetapi, tetap tak mengurungkan niatnya untuk membersamai Timnas Indonesia.

"Saya memang merasa lelah, tapi bagus ya, mulai dari U-19, U-23, dan senior. Sistem seperti ini harus dikembangkan lebih. Walaupun capek harus benahi," imbuh pelatih berusia 52 tahun itu.

Lebih lanjut, Shin Tae Yong menjelaskan pada sisa kalender tahun ini timnas Indonesia tidak memiliki agenda lain selain FIFA Matchday pada September.

Oleh karenanya, dalam waktu dekat ia kemungkinan akan fokus ke Timnas Indonesia U-19 terlebih dahulu yang akan mengarungi Piala AFF U-19 2022 pada awal Juli 2022.

Berita Terkait

Berita Terkini