Bolaindonesia

Menilik Kans Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Bagaimana peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023?

Irwan Febri Rialdi

Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)
Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia berpeluang lolos babak 16 besar Piala Asia 2023, perjuangan para pemain tentu menjadi kunci kesuksesan melangkah fase lebih tinggi.

Timnas Indonesia melaju ke Piala Asia 2023 berstatus runner-up terbaik babak kualifikasi, menemani Yordania yang keluar sebagai juara grup.

Momen ini disambut antusias luar biasa suporter Tanah Air, setelah 16 tahun absen dari gelaran bergengsi di Asia meski tantangan sebenarnya baru akan dijajaki.

Namun begitu, timnas Indonesia memiliki peluang lolos dari fase grup yang lebih besar, diketahui bahwa sejak 2009 Piala Asia tahun depan memakai format lima tahapan.

Terdiri dari fase grup, babak 16 besar, delapan besar, semifinal dan final karena jumlah kontestan yang semakin banyak dari 16 hingga 24 tim.

Sebanyak 24 tim dibagi ke dalam enam grup, masing-masing berisi empat tim dengan dua tim terbaik yang berhak lolos ke babak 16 besar sehingga total ada 12 tim yang bisa nenembus 16 besar.

Empat tim lain diambil dari peringkat ketiga terbaik dari enam grup dan disinilah peluang besar timnas Indonesia lolos ke-16 besar muncul.

Jika melihat capaian timnas Indonesia dalam dua edisi terakhir, skuat Garuda bisa menempati peringkat ketiga dan ini bisa diambil sebagai peluang.

Meski begitu, bukan berarti fokus utama Shin Tae-yong di Piala Asia 2003 menjadi asal-asalan dan bahkan menempatkan tumpuan pada peluang tersebut.

Target juara grup dan runner-up tentu menjadi hal yang diinginkan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023 bersama timnas Indonesia.

Hal itulah yang disampaikan Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan ini berjanji bakal memperlihatkan kekuatan asli timnas Indonesia.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini