Bolaindonesia

Prediksi 4 Bintang Eropa Calon Rival Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia berpotensi lawan pemain top Eropa.

Husna Rahmayunita

Son Heung-min saat berlaga di Piala Dunia 2018 (Benjamin Cremel/AFP)
Son Heung-min saat berlaga di Piala Dunia 2018 (Benjamin Cremel/AFP)

Bolatimes.com - Berikut empat pemain berlabel bintang di sepak bola Eropa yang berpotensi menjadi rival Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang.

Timnas Indonesia telah memastikan diri merebut satu tempat di putaran final Piala Asia 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 16 Juni 2023.

Kepastian Timnas Indonesia meraih satu tempat di ajang empat tahunan itu didapatkan usai meraih kemenangan besar atas Nepal di laga terakhir grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6).

Dalam laga terakhir itu, Timnas Indonesia berhasil menang 7-0 atas Nepal. Kemenangan besar ini dibarengi dengan kekalahan Kuwait dari Yordania

Berkat kemenangan besar ini, Timnas Indonesia pun melaju ke putaran final dengan status Runner Up grup terbaik kedua di belakang Kirgizstan.

Di putaran final nanti, memang belum diketahui siapa yang akan menjadi calon lawan Timnas Indonesia di babak grup.

Namun, terdapat potensi di mana Timnas Indonesia bisa bertemu negara-negara besar Asia yang diperkuat bintang-bintang yang bermain di Eropa saat Drawing nanti.

Lantas, siapa saja bintang-bintang Eropa yang berpotensi dihadapi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 mendatang? Berikut daftarnya.

1. Son Heung-min

Kapten timnas Korea Selatan,Son Heung-min menangis di Piala Dunia 2018 (AFP)
Kapten timnas Korea Selatan,Son Heung-min menangis di Piala Dunia 2018 (AFP)

Son Heung-min merupakan salah satu pemain Asia yang menancapkan dirinya sebagai salah satu bintang besar di Eropa, tepatnya di Liga Inggris.

Penyerang Tottenham Hotspur ini diketahui berasal dari Korea Selatan. Sebagai informasi, Timnas Indonesia punya ‘keterikatan’ dengan tim nasional berjuluk Taeguk Warriors itu.

Tercatat dalam empat kali kesertaannya di Piala Asia sejak 1996, Timnas Indonesia telah bertemu dengan Korea Selatan sebanyak tiga kali di babak grup.

Sehingga, ada kemungkinan besar Timnas Indonesia akan berada dalam satu grup dengan Korea Selatan dan berhadapan dengan pemain yang menyabet top skor Liga Inggris 2021/2022 tersebut.

2. Takumi Minamino

Takumi Minamino saat melakoni sesi latihan bersama Liverpool. (Twitter/@LFC).
Takumi Minamino saat melakoni sesi latihan bersama Liverpool. (Twitter/@LFC).

Takumi Minamino merupakan pemain Asia lainnya yang juga berkiprah di Liga Inggris. Pemain asal Jepang ini tercatat membela Liverpool.

Ia diboyong Liverpool pada Januari 2020 lalu dari RB Salzburg. Meski begitu, Minamino seperti kesulitan menembus skuat utama The Reds.

Ia pun sempat dipinjamkan ke Southampton sepanjang musim 2021/2022 lalu, dan kini kembali ke Liverpool usai masa peminjamannya.

Dengan pengalaman bermain di Austria dan kompetisi seperti Liga Inggris, Minamino bisa menjadi ancaman bagi Timnas Indonesia jika nantinya bertemu Jepang di Piala Asia 2023.

3. Sardar Azmoun

Penyerang Iran, Sardar Azmoun. (Sumber: Instagram/@sardar_azmoun).
Penyerang Iran, Sardar Azmoun. (Sumber: Instagram/@sardar_azmoun).

Sardar Azmoun merupakan penyerang asal Iran yang tercatat bermain di Bundesliga Jerman bersama Bayer Leverkusen.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah ini sempat menjadi buruan klub-klub top Eropa, salah satunya Olympique Lyon, kala masih berseragam Zenit St Petersburg.

Catatannya di Zenit St Petersburg pun terbilang mumpuni. Dalam 104 penampilan, Azmoun mampu mencetak 62 gol bagi raksasa sepak bola Rusia itu.

Meski enam bulan di Leverkusen torehannya belum terlalu mumpuni, Azmoun bisa menjadi ancaman jika nantinya Timnas Indonesia bertemu Iran.

4. Eldor Shomurodov

Eldor Shomurodov, pemain asal Uzbekistan yang kini berseragam AS Roma. (ANDREAS SOLARO / AFP)
Eldor Shomurodov, pemain asal Uzbekistan yang kini berseragam AS Roma. (ANDREAS SOLARO / AFP)

Eldor Shomurodov merupakan penyerang asal Uzbekistan yang tercatat berkiprah di Serie A Italia. Di musim 2021/2022 lalu, ia bermain bagi AS Roma.

Kendati hanya menjadi deputi bagi Tammy Abraham, Shomurodov kerap menjadi kartu AS bagi AS Roma. Pria yang pernah menjadi lawan Evan Dimas ini, mampu menciptakan lima gol dan empat assist bagi Il Lupi.

Bahkan karena catatannya itu, Shomurodov mampu mengantarkan AS Roma menjadi juara di ajang UEFA Conference League.

Jika nantinya Timnas Indonesia bertemu Uzbekistan di Piala Asia 2023, lini pertahanan skuat Garuda harus mewaspadai mantan pemain Genoa itu.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini