Bolaindonesia

Profil Wisla Krakow, Klub Polandia Dirumorkan Jadi Pelabuhan Baru Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri santer diberitakan akan kembali ke Polandia.

Husna Rahmayunita

Suporter klub Polandia Wisla Krakow. (Instagram/@wislakrakowsa)
Suporter klub Polandia Wisla Krakow. (Instagram/@wislakrakowsa)

Bolatimes.com - Mengenal Wisla Krakow, klub Polandia yang digadang-gadang akan menjadi klub pelabuhan baru Egy Maulana Vikri usai lepas dari FK Senica.

Bintang muda Indonesia, Egy Maulana Vikri, santer diberitakan akan kembali ke Polandia setelah klubnya, FK Senica mengalami kendala.

FK Senica mengalami kendala finansial yang lantas membuat Egy dan kompatriotnya, Witan Sulaeman, harus pulang ke Tanah Air lebih cepat.

Keduanya memilih memutus kontraknya dengan FK Senica, imbas dari kendala finansial hingga gaji kedua pemain itu tak terbayar.

Witan sendiri terhitung beruntung. Sebab, usai pergi dari FK Senica, ia akan kembali ke Lechia Gdansk karena masih memiliki kontrak dengan klub Polandia itu.

Sedangkan Egy harus mencari pelabuhan baru selepas angkat kaki dari FK Senica jika ingin tetap berkarier di Eropa.

Di tengah ketidakpastian masa depan Egy, muncul sebuah rumor bahwa salah satu klub Polandia, Wisla Krakow tertarik mendatangkannya.

Kabar ini diungkapkan oleh warganet dengan akun bernama @SlavkoSlawek yang menyebut bahwa Egy mendekat ke Wisla Krakow.

Lantas, bagaimana profil dari Wisla Krakow selaku calon tim baru dari Egy Maulana Vikri itu?

Salah Satu Klub Tersukses Polandia

Wisla Krakow merupakan salah satu klub tertua di Polandia. Klub ini sendiri berdiri sejak 1906 atau 116 tahun silam di Krakow oleh sekumpulan murid yang terinspirasi dari gurunya.

Sejak kemunculannya, Wisla Krakow sudah menancapkan diri menjadi pesaing juara, di mana mereka bersaing dengan FC Kattowitz dalam perebutan gelar liga.

Sebagai informasi, persaingan keduanya itu sarat nuansa politis, mengingat FC Kattowitz didukung minoritas Jerman, sedangkan Wisla Krakow menjadi identitas bagi orang-orang Polandia.

Dalam perjalanannya, Wisla Krakow mengalami pasang surut, termasuk perubahan nama. Tercatat, klub berjuluk The White Star ini pernah berganti nama menjadi TS Wisla dan GTS Wisla.

Meski kerap berganti nama, Wisla Krakow tak pernah absen mencetak prestasi. The White Star bahkan tercatat sebagai salah satu tim tersukses di Polandia.

Saat artikel ini dibuat, Wisla Krakow tercatat sebagai juara terbanyak Ekstraklasa atau kasta teratas sepak bola Polandia dengan 14 kali, di belakang Legia Warsawa dengan 15 kali juara.

Belum lagi dengan torehan prestasi seperti Piala Polandia, Piala Super Polandia, dan Piala Liga Polandia yang didapat oleh Wisla Krakow.

Tak hanya menjadi raja di kompetisi domestik, Wisla Krakow tercatat juga pernah menjuarai ajang Eropa, yakni Piala Intertoto sebanyak tiga kali.

Meski bergelimang gelar dan sarat prestasi, pasang surut pernah dihadapi Wisla Krakow, salah satunya adalah degradasi.

Teranyar, Wisla Krakow harus terdegradasi ke I Liga atau Liga Divisi Satu Polandia yang terhitung sebagai kompetisi kasta kedua.

Wisla Krakow harus terdegradasi karena di Ekstraklasa musim 2021/2022 lalu, mereka hanya finis di peringkat ke-17 atau dua posisi terbawah klasemen.

Sehingga, jika Egy Maulana Vikri bergabung dengan Wisla Krakow, maka dirinya akan bermain di kasta kedua sepak bola Polandia musim depan.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini