Bolaindonesia

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Media Korea Singgung Park Hang-seo

Park Hang-seo dinilai andil dalam kemenangan Timnas Indonesia.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 diklaim media Korea Selatan ada kaitannya dengan pelatih Vietnam Park Hang-seo;

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong berhasil lolos ke Piala Asia 2023 usai mengalahkan Nepal pada matchday terakhir grup A pada Rabu (15/6/2022). Tim Merah Putih menang telak 7-0.

Berkat kemenangan tersebut, timnas Indonesia lolos sebagai runner up terbaik. Torehan ini merupakan prestasi terbaik skuad Garuda setelah terakhir kali tampil di Piala Asia 2023.

Media Korea juga menyoroti keberhasilan timnas Indonesia lolos dari Kualifikasi Piala Asia 2023, Mereka menyebut bahwa ada peran Park Hang-seo di balik kemenangan ini.

Sebab, Park Hang-seo merupakan pelatih asal Korea yang lebih dulu melatih Vietnam dan membuat negara di Asia Tenggara tertarik untuk menggunakan jasa juru taktik asal Negeri Gingseng tersebut.

"Setelah Park Hang-seo mengambil alih pelatih Vietnam, ia muncul sebagai kakak heroik dan terus menerus membuat sejarah baru di sepak bola Asia Tenggara," tulis Yonhap dikutip pada Kamis (16/6/2022).

Nah, setelah keberhasilan Park Hang-seo bersama Vietnam, timnas Indonesia kemudian merekrut Shin Tae-yong. Hal itu membuat skuad Garuda mulai berkembang.

"Keyakinan pada pelatih Korea telah tumbuh. Timnas Indonesia dipimpin Shin Tae-yong, meraih hasil yang baik di Piala AFF 2020 dan medali perunggu di SEA Games 2021." imbuh laporan itu,

Setelah itu, Shin Tae-yong sukses membawa timnas Indonesia ke Piala Asia 2023. Padahal tim Merah Putih masuk di grup yang berat bersama Kuwait, Nepal, dan Yordania.

Menariknya bukan hanya timnas Indonesia saja yang tertarik merekrut pelatih Korea. Malaysia juga menunjuk pelatih asal Negeri Gingseng, Kim Pan-gon.

Meski baru beberapa bulan menangani Harimau Malaya, Kim Pan-gon juga membuat prestasi apik dengan membawa Malaysia lolos ke Piala Asia 2023.

Berita Terkait

Berita Terkini