Bolaindonesia

Prediksi Formasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Makin Sangar Ada Jordi Amat Cs

Timnas Indonesia bakal lebih menakutkan di Piala Asia 2023

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kelolosan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 diikuti dengan kabar baik lainnya. Disebutkan bahwa 3 pemain naturalisasi bisa ikut bermain di ajang tersebut.

Exco PSSI, Hasani Abdulgani, menyebut bahwa tiga pemain yaitu Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama diprediksi bisa ikut ke dalam skuad Garuda.

Hasani Abdulgani via unggahan di Instagram. Ia menyatakan bahwa kemungkinan besar Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama bisa masuk dalam skuad asuhan Shin Tae-yong.

"Alhamdulilah. Insya Allah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama bisa join di Piala Asia 2023," tulis Hasani di narasi unggahannya tersebut.

Sebagai informasi, tiga pemain keturunan Indonesia itu memang sudah mengurus proses naturalisasi. Bahkan ketiganya sempat berkunjung ke Jakarta demi melengkapi persyaratan agar mengantongi WNI.

Bahkan Jordi Amat dan Sandy Walsh sempat mengikuti latihan bersama timnas Indonesia jelang FIFA Matchday menghadapi Bangladesh awal bulan ini.

Sayangnya proses naturalisasi pemain keturunan ini masih belum rampung sepenuhnya. Alhasil mereka harus menunggu lagi untuk bisa membela timnas Indonesia.

Dengan lolosnya Timnas Indonesia ke Piala Asia tahun depan, tentu masih ada waktu panjang untuk merampungkan semua proses naturalisasi sehingga ketiga pemain naturalisasi ini bisa ikut bermain.

Nah, untuk formasi bermain nanti, tentunya berpotensi besar Shin Tae-yong akan melakukan penyesuaian.

Untuk mengakomodir hadirnya ketiga pemain naturalisasi, Shin Tae-yong bisa menggunakan formasi 4-3-3. Di pos penjaga gawang, nama Nadeo Argawinata tentu akan menjadi pilihan utama, mengingat kiprahnya sepanjang Piala AFF 2020.

Di depan Nadeo, akan ada empat bek yakni Sandy Walsh di pos bek kanan, Jordi Amat di pos bek tengah bersama Elkan Baggott dan Pratama Arhan di pos bek kiri.

Kehadiran Sandy Walsh tak ayal membuat Asnawi Mangkualam bisa saja menempati pos gelandang tengah. Besar kemungkinan pula Shin lebih memilih trio Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Rachmat Irianto.

Untuk Shayne sendiri, meski dirinya biasa berposisi di pos bek kiri, Shin bisa mengoperasikannya sebagai winger kiri. Untuk dua pemain di depan lainnya, Shin Tae-yong bisa memasang Stefano Lilipaly dan Witan Sulaeman.

Berikut prediksi line up Timnas Indonesia 

(4-3-3):

Kiper: Nadeo Argawinata Bek: Sandy Walsh, Jordi Amat, Elkan Baggot, Pratama Arhan

Gelandang Tengah: Marc Klok, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto

Depan: Witan Sulaeman, Stefano Lilipaly, Shayne Pattynama

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini