Bolaindonesia

Lucu Banget, Momen Shin Tae-yong Joget usai Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Gerakan joget Shin Tae-yong lucu banget

Irwan Febri Rialdi

Aksi Shin Tae-yong joget usai antar Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. [FaktaBola / Twitter]
Aksi Shin Tae-yong joget usai antar Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. [FaktaBola / Twitter]

Bolatimes.com - Lolosnya Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2023 begitu disambut oleh meriah oleh para pecinta sepak bola Tanah Air, tidak terkecuali Shin Tae-yong.

Bagaimana tidak, Timnas Indonesia mesti menunggu lebih dari 15 tahun lamanya untuk bisa kembali mentas di ajang terakbar se-Asia tersebut.

Kali terakhir Timnas Indonesia bermain di Piala Asia hadir pada edisi 2007 silam. Itu pun Indonesia lolos sebagai tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Adapun, kelolosan Timnas Indonesia dipastikan usai mengalahkan Nepal 7-0 pada Rabu (15/6) lalu. Dengan hasil ini, Indonesia menempati daftar 5 runner-up terbaik di babak kualifikasi.

Euforia lolosnya skuad Merah Putih begitu dirasakan di Tanah Air. Begitu juga dengan Shin Tae-yong, sang juru taktik asal Korea Itu begitu bahagia bahkan ikut berjoget untuk merayakan kelolosan tersebut.

Dari unggahan Instastory dua fisioterapis Timnas Indonesia, Denny Shulton dan Asep Azis, terlihat Shin Tae-yong bergoyang diiringi suara para pemain dan ofisial tim.

Mantan pelatih Korea Selatan tersebut terlihat ceria. Bahkan dia menaikkan dua tangannya sembari bergoyang sambil diiringi tawa pemain dan ofisial tim.

Shin Tae-yong bahkan terlihat melakukan goyang pinggul dan diikuti oleh salah satu staf pelatih dan ofisial dalam unggahan Instastory dari Asep.

Bagi Shin Tae-yong sendiri, hasil ini merupakan pembuktikan bahwa penampilan Timnas Indonesia semakin hari semakin menunjukkan progres di tangannya.

Sejak kedatangannya di akhir tahun 2019, juru taktik berusia 51 tahun tersebut dianggap membawa perubahan baik di dalam maupun luar lapangan ke Timnas Indonesia.

Perubahan-perubahan yang dibawa Shin Tae-yong ini pun membawa sederet prestasi yang mumpuni, sehingga memunculkan harapan bahwa Timnas Indonesia bisa kembali ke masa jayanya.

Sebelum membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, Shin Tae-yong sudah membawa Elkan Baggott dan kolega menjadi runner-up Piala AFF 2020.

Selama hampir dua tahun masa kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, perubahan paling mencolok terlihat dari ranking FIFA skuat Garuda.

Per September 2021, Timnas Indonesia berada di urutan ke-175 FIFA. Namun, Shin Tae-yong berhasil mengatrol posisi tim Merah Putih dalam waktu singkat. 

Tercatat, Timnas Indonesia naik 20 peringkat dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, di mana saat ini skuat Garuda berada di ranking ke-155 FIFA.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini