Bolaindonesia

Profil Makan Konate, Pemain Asing Jempolan yang Resmi Dilepas Persija Jakarta

Makan Konate kini berstatus bebas transfer

Irwan Febri Rialdi

Makan Konate gabung Persija Jakarta. (Dok. Persija)
Makan Konate gabung Persija Jakarta. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Persija Jakarta akhirnya menjawab rumor yang belakangan ini beredar. Macan Kemayoran dan Makan Konate resmi berpisah dan menghentikan kerja sama.

Beberapa hari terakhir, Makan Konate memang disebut-sebut bakal segera angkat kaki dari Persija Jakarta. Kepastian itu akhirnya terjawab via pernyataan resmi klub via media sosial.

Melalui unggahannya, Persija Jakarta telah resmi mengumumkan akhir dari kerja samanya dengan Makan Konate pada Kamis (16/6/2022).

"Terima kasih, Konate! Persija Jakarta secara resmi mengumumkan tidak melanjutkan kerja sama profesional bersama gelandang asal Mali, Makan Konate. Semoga sukses di tempat barumu, Makan!" tulis Persija lewat unggahan media sosial klub.

Artinya, kerja sama antara Persija Jakarta dengan gelandang timnas Mali itu hanya berlangsung selama separuh musim saja, yakni di paruh kedua Liga 1 2021/2022.

Padahal, sebetulnya performa Makan Konate bersama Persija Jakarta selama separuh musim cukup mengagumkan. Sebab, dia mampu menyumbang tujuh gol dan dua assist dari 14 pertandingan.

Namun, ternyata Makan Konate tak masuk dalam rencana pelatih anyar Persija Jakarta, Thomas Doll. Dia pun akhirnya dilepas oleh klub asal Ibu Kota tersebut.

Profil Makan Konate

Makan Konate merupakan pesepak bola kelahiran Bamako, Mali, pada 10 November 1991, yang telah lama menginjakkan kakinya di dunia kulit bundar Indonesia.

Pemain yang dikenal sebagai seorang muslim yang taat ini mengawali kariernya bersama klub asal Mali, Stade Malien, pada tahun 2008. Di sana, ia sempat merasakan gelar juara Malian Premiere Division musim 2009/2010.

Setelah itu, ia sempat bergabung ke Alakhdhar SC untuk mengawali karier internasional pertamanya. Baru pada tahun 2012, dia mulai meniti kariernya di Indonesia bersama PSPS Pekanbaru.

Semenjak saat itu, Konate sempat berpindah-pindah klub, mulai dari memperkuat Barito Putera (2013) hingga Persib Bandung (2013-2015).

Konate sempat meninggalkan Indonesia untuk bergabung ke klub Malaysia, T-Team, selama semusim, yaitu pada medio 2016.

Setelah itu, ia memilih kembali ke Indonesia karena direkrut oleh Sriwijaya FC (2018), Arema FC (2018-2019), Persebaya Surabaya (2019-2020). Konate kembali ke Malaysia pada 2020 untuk bermain bersama Terengganu FC.

Namun, ia diangkut kembali oleh Persija Jakarta untuk menghadapi putaran kedua Liga 1 2021/2022. Namun, kebersamaannya akhirnya berakhir pada Kamis (16/6/2022).

Selama bermain di Indonesia, ada sejumlah gelar juara yang pernah diraih Makan Konate. Saat berkostum Persib, ia sukses merengkuh gelar Indonesia Super League (ISL) 2014 dan Piala Presiden 2015.

Di Arema FC, ia sempat membantu tim Singo Edan merengkuh gelar Piala Presiden 2019. Sementara ketika bermain bersama Sriwijaya, ia sempat merengkuh gelar Piala Gubernur Kaltim 2018.

Yang terbaru, rumor menyebut bahwa pemain berusia 30 tahun ini akan segera bergabung ke Rans Nusantara FC setelah resmi meninggalkan Persija Jakarta.

Kabarnya, kepastian bergabungnya Konate menuju klub asuhan Rahmad Darmawan itu sudah mencapai 70%.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini