Bolaindonesia

Efek Shin Tae-yong, Bawa Timnas Indonesia Naik Drastis di Ranking FIFA hingga Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia baru saja memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)
Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Shin Tae-yong membuktikan bahwa dirinya pantas memegang tampuk jabatan pelatih Timnas Indonesia senior usai memberi dampak apik dalam satu tahun periode kepelatihannya.

Belakangan ini, nama Shin Tae-yong menjadi perbincangan menyusul adanya rencana PSSI lewat sang Ketua Umum, Mochamad Iriawan yang ingin menggesernya dari tim senior ke pelatih tim U-20.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut rencana ini untuk memudahkan pelatih asal Korea Selatan tersebut agar tak keteteran.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong tak hanya menjabat sebagai pelatih tim senior, melainkan juga tim U-23 dan U-20 atau U-19.

Rencana ini hadir selepas Timnas Indonesia ditahan imbang Bangladesh dan hanya meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2021 lalu.

Bahkan, Iwan Bule berencana mendiskusikan hal tersebut bersama Shin Tae-yong setelah pelatih berusia 51 tahun itu pulang dari Kuwait.

Namun rencana yang baru sekadar wacana ini, mendapat penolakan dari netizen, terutama para pendukung Timnas Indonesia.

Netizen merasa Timnas Indonesia mengalami progres signifikan di bawah arahan Shin Tae-yong selama kurun waktu satu tahun terakhir.

Dalam setahun terakhir atau terhitung sejak Juni 2021, Shin Tae-yong berhasil menaikkan ranking FIFA Timnas Indonesia hingga naik 20 peringkat.

Saat memimpin Timnas Indonesia di laga resmi terhitung pada September 2021, Timnas Indonesia berada di ranking ke-175 FIFA.

Pelan tapi pasti, Shin Tae-yong berhasil mengatrol ranking Timnas Indonesia, dengan naik 10 peringkat ke posisi 165 usai mengalahkan Taiwan dua leg.

Posisi ini makin naik ke peringkat 161 usai Timnas Indonesia meraih kemenangan di ajang Piala AFF 2020 dan menjadi Runner Up.

Kemudian, peringkat Timnas Indonesia naik ke peringkat 160 usai mengandaskan Timor Leste, dan berhasil menyentuh peringkat ke-155 usai menjalani babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Bawa Indonesia ke Piala Asia

Selain mengangkat derajat Timnas Indonesia di ranking FIFA, Shin Tae-yong juga membuktikan dirinya pantas menjabat pelatih tim senior usai membawa tim Merah Putih ke Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 usai menjadi salah satu Runner Up grup terbaik di babak ketiga tersebut.

Tergabung di grup A bersama Kuwait, Yordania, dan Nepal, Timnas Indonesia berhasil meraih dua kemenangan dan satu kekalahan saja dengan mencetak 9 gol dan kebobolan 2 gol.

Shin Tae-yong mampu membuat Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait. Kendati kalah di laga kedua melawan Yordania dengan skor 0-1, skuat Garuda mampu membalasnya dengan kemenangan 7-0 atas Nepal.

Catatan itu kemudian mengantarkan Timnas Indonesia ke Piala Asia untuk pertama kalinya sejak edisi 2007 atau 15 tahun silam kala menjadi tuan rumah.

Selain itu, keberhasilan Shin Tae-yong ini membuat Timnas Indonesia untuk kelima kalinya bakal tampil di ajang bergengsi antar negara-negara Asia tersebut.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini