Bolaindonesia

Profil Yaqoob Said Abdul Baqi, Wasit yang Disebut Rugikan Timnas Indonesia

Keputusan Yaqoob Said Abdul Baqi tuai kontroversi.

Husna Rahmayunita

Wasit Timnas Indonesia vs Yordania, Yaqoob Said Abdul Baqi. (Tangkap Layar/Vidio.com)
Wasit Timnas Indonesia vs Yordania, Yaqoob Said Abdul Baqi. (Tangkap Layar/Vidio.com)

Bolatimes.com - Kepemimpinan wasit bernama Yaqoob Said Abdul Baqi di laga Timnas Indonesia vs Yordania di Kualifikasi Piala Asia 2023, menjadi sorotan.

Wasit asal Oman ini dianggap membuat cukup banyak keputusan kontroversial yang dinilai merugikan Timnas Indonesia saat tumbang lawan Yordania.

Timnas Indonesia sendiri pada akhirnya harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Yordania di laga yang berlangsung, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB.

Gol semata wayang dalam pertandingan itu dicetak oleh Yazan Al-Naimat. Akan tetapi, kemenangan Yordania dari timnas Indonesia ini memunculkan kontroversi. Beberapa keputusannya dianggap merugikan skuad Garuda.

Misalnya tak memberikan penalti kepada anak asuh Shin Tae-yong saat Pratama Arhan dilanggar keras oleh pemain Yordania dalam kotak penalti.

Sebaliknya, Yaqoob Said Abdul Baqi menghadiahkan tendangan penalti kepada Yordania saat Asnawi Mangkualam melakukan duel. Pemain nomor 10 tim berjuluk Al-Nashami dinilai diving dan menjatuhkan diri ketika duel dengan pemain Ansan Greeners tersebut.

Nah, di balik keputusan kontroversial itu, Yaqoob Said Abdul Baqi ternyata punya rekam jejak memimpin pertandingan timnas Indonesia di masa lampau.

Melansir dari arsip the.afc.com, momen itu terjadi pada tahun 2012 ketika timnas Indonesia U-22 sedang berjuang di Kualifikasi Piala Asia U-22 2013 lalu. Yaqoob Said Abdul Baqi memimpin laga skuad Garuda Muda menghadapi Singapura.

Lantas, siapa sebetulnya wasit Yaqoob ini? Berikut ulasan ringkas profilnya!

Profil Yaqoob Said Abdul Baqi

Yaqoob Said Abdul Baqi merupakan sosok wasit asal Oman yang lahir pada 1 Juni 1979. Dia merupakan wasit yang memegang lisensi FIFA sejak 2010.

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun sebagai wasit internasional, sudah banyak laga-laga penting yang dipimpin oleh Yaqoob Said Abdul Baqi.

Dia pernah memimpin laga di ajang Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, Kualifikasi Piala Asia, hingga hingga AFC Challenge Cup.

Yaqoob Said Abdul Baqi juga punya pengalaman memimpin laga-laga antarklub se-Asia mulai dari Liga Champions Asia hingga Piala AFC.

Menurut catatan Transfermarkt, Yaqoob Said Abdul Baqi juga ternyata pernah memimpin pertandingan di ajang Piala AFF 2020 lalu.

Dia bertugas sebanyak 2 kali sebagai wasit utama dan 3 kali sebagai wasit keempat. Nah, salah satu pertandingan yang dipimpin Yaqoob Said Abdul Baqi saat itu adalah laga Timnas Indonesia vs Kamboja.

Timnas Indonesia saat itu berhasil mengalahkan Kamboja dengan skor telak 4-2. Di laga tersebut Yaqoob memberikan 2 kartu kuning untuk pemain Indonesia yaitu Ramai Rumakiek dan Edo Febriansyah.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini