Bolaindonesia

Ranking FIFA Timnas Indonesia Jika Kalahkan Nepal, Bisa Naik 2 Peringkat

Timnas Indonesia akan melawan Nepal malam nanti

Irwan Febri Rialdi

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Kemenangan atas Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023 akan sangat berarti buat Timnas Indonesia.

Bukan cuma memperbesar peluang skuad 'Merah Putih' lolos ke putaran final Piala Asia 2023, tetapi juga mendongkrak posisi Indonesia di peringkat FIFA.

Kedua tim dijadwalkan bertemu di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Skuad Garuda untuk sementara menempati posisi kedua klasemen Grup A dengan tiga poin dari dua pertandingan.

Yordania memuncaki klasemen dengan enam poin dari dua laga, sementara Kuwait bertengger pada peringkat ketiga karena kalah head to head dari Indonesia meski sama-sama mengumpulkan tiga poin dari dua laga.

Sementara di peringkat juru kunci, ada Nepal yang belum juga meraih poin usai menelan dua kekalahan.

Dengan kondisi ini, peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023 masih terbuka. Namun, ada beberapa catatan yang harus bisa dipenuhi oleh skuad Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia bisa lolos sebagai juara Grup A asalkan menang dengan skor berapapun dari Nepal, sementara di laga lain Kuwait menang 1-0 atas Yordania.

Sementara itu, untuk merebut status runner-up terbaik, Timnas Indonesia wajib menang atas Nepal, sambil berharap di laga lain Kuwait gagal menang atas Yordania.

Tak hanya itu, Timnas Indonesia juga harus berharap di grup lain salah satu dari Malaysia (E) atau Filipina (C) terpeleset alias gagal menang di matchday pamungkas.

Selain menyoal kelolosan ke putaran final Piala Asia 2023, kemenangan atas Nepal juga akan mempengaruhi posisi Indonesia di ranking FIFA.

Menurut laman football-ranking.com, di sepanjang FIFA Matchday Juni 2022, Timnas Indonesia menempati peringkat 158 dunia dengan 1.007,68 poin.

Jika mengalahkan Nepal, Indonesia akan meraih 11,36 poin. Dengan begitu poin Indonesia akan menjadi 1.019,04 poin dan langsung naik ke peringkat 156.

Naik dua peringkat membuat Indonesia akan menggeser Taiwan dan Maladewa. Taiwan di peringkat ke 157 dengan 1.017,78 poin dan Maladewa ke 158 dengan 1.009,88 (poin).

Maladewa di laga lain memang akan menghadapi Sri Lanka, namun jika menang poin mereka tidak akan mengungguli Indonesia.

Kontributor: Aditia Rizki

Berita Terkait

Berita Terkini