Bolaindonesia

Profil Kim Min-jae, Mantan Anak Asuh Shin Tae-yong yang Kini Jadi Target Incaran AC Milan

Kim Min-jae diincar klub Liga Italia.

Husna Rahmayunita

Pemain Timnas Korea Selatan Kim Min-jae. (AFP/Khaled DESOUKI)
Pemain Timnas Korea Selatan Kim Min-jae. (AFP/Khaled DESOUKI)

Bolatimes.com - Bek timnas Korea Selatan yang pernah diasuh oleh Shin Tae-yong, Kim Min-jae, kini menjadi perhatian dunia karena dirinya dikabarkan menjadi target incaran klub raksasa Serie A, AC Milan.

Dari rumor transfer yang berkembang, AC Milan tertarik untuk mendatangkan Kim Min-jae. Saat ini, eks-pemain andalan Shin Tae-yong di timnas Korsel itu tengah berkarier di Liga Turki bersama Fenerbahce.

Rencana yang mulai disusun AC Milan untuk merekrut Kim Min-jae ini tak terlepas dari kemungkinan lowongnya pemain di pos bek tengah.

Sebab, sang kapten, Alessio Romagnoli, berpeluang besar untuk meninggalkan AC Milan pada bursa transfer musim panas ini karena kontraknya bersama I Rossoneri akan segera berakhir.

Kabarnya, Alessio Romagnoli dan AC Milan sampai saat ini belum menemukan kata sepakat. Artinya, ia berpeluang besar angkat kaki dari tim Merah Hitam dengan status free transfer alias gratis.

Dari situlah rumor ketertarikan AC Milan terhadap Kim Min-jae mencuat. Bek timnas Korea Selatan ini digadang-gadang menjadi target perburuan I Rossoneri di bursa transfer musim panas ini.

Profil Kim Min-jae

Pemain Timnas Korea Selatan Kim Min-jae. (AFP/Karim Jaafar)
Pemain Timnas Korea Selatan Kim Min-jae. (AFP/Karim Jaafar)

Kim Min-jae merupakan pesepak bola yang lahir di Tongyeong, Korea Selatan, pada 15 November 1996. Dia dilahirkan di keluarga atlet. Sebab, ayah dan ibunya berstatus sebagai olahragawan.

Bahkan, saudara laki-lakinya juga permain sepak bola yang berposisi sebagai penjaga gawang. Kim Min-jae lantas mengawali perjalanannya di dunia sepak bola saat bergabung ke Tongyeong Elementary School FC.

Dia juga sempat gabung ke Suwon Technical High School yang terkenal melahirkan pesepak bola top Negeri Ginseng semacam Park Ji-sung dan Kim Su-min.

Karier profesionalnya dimulai saat gabung Gyeongju KHNP pada 1 Juli 2016. Ini jadi catatan registrasi pertamanya di Korea National League.

Setelah itu, ia sempat gabung ke Jeonbuk Hyundai dan bermain selama dua musim di sana, yakni mulai rentang tahun 2017 hingga 2019. 

Setelah itu, ia memulai kariernya di luar negeri saat bermain untuk klub Liga Super China, Beijing Guoan, pada awal Januari 2019.

Dari sana, kariernya mulai melesat. Ia pun direkrut klub raksasa Liga Turki, Fenerbahce pada Agustus 2021. Saat itu, kabarnya ia dibeli dengan harga tiga juta euro dengan kontrak berdurasi empat tahun.

Di level timnas, sebetulnya Kim Min-jae sudah menjadi andalan sejak di kelompok usia U-20. Setelah itu, ia juga sempat naik level ke timnas U-23 yang diasuh oleh Shin Tae-yong.

Ketika Shin Tae-yong dipromosikan sebagai pelatih timnas senior, Kim Min-jae juga jadi salah satu pemain yang diandalkan. Dia bahkan terpilih pada skuad timnas untuk Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Debutnya bersama timnas Korsel tercatat di bawah asuhan Shin Tae-yong ketika menghadapi Iran pada Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Sayangnya, pemain yang kini berusia 25 tahun itu tak bisa membantu Shin Tae-yong di Piala Dunia 2018 karena mengalami cedera.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Berita Terkait

Berita Terkini