Bolaindonesia

Termasuk Indonesia, Berikut 3 Tim Asia Tenggara yang Berpeluang Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia bersama tiga negara Asia Tenggara lainnya berebut 11 tiket sisa lolos ke Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Timnas Indonesia menang atas Kuwait. (PSSI)
Timnas Indonesia menang atas Kuwait. (PSSI)

Bolatimes.com - Berikut ini tiga negara Asia Tenggara selain Indonesia yang masih berpeluang lolos dari babak grup dan meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan memasuki laga pamungkas. Di laga ini, setiap tim akan saling memperebutkan tiket untuk melaju ke putaran final.

Salah satu tim yang akan memperebutkan tiket ke Piala Asia 2023 di laga pamungkas adalah Timnas Indonesia. Skuat Garuda akan menentukan nasibnya di laga melawan Nepal.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan besar atas Nepal untuk bisa meraih tiket ke Piala Asia 2023 melalui jalur Runner Up grup terbaik.

Hal ini dipastikan setelah Timnas Indonesia takluk 0-1 dari Yordania di laga kedua. Kemenangan Kuwait atas Nepal membuat perebutan tiket lewat jaluk Runner Up di grup A harus ditentukan di laga pamungkas.

Sehingga, Timnas Indonesia butuh kemenangan besar atas Nepal dan berharap Kuwait tumbang di tangan Yordania di laga pamungkas nanti.

Meski nantinya skenario tersebut tercipta, Timnas Indonesia tak serta merta akan lolos. Pasalnya, skuat Garuda juga membutuhkan hasil dari grup lainnya.

Ironisnya, Timnas Indonesia membutuhkan salah satu dari dua negara tetangganya tergelincir di partai terakhir untuk mendapat satu tiket ke putaran final via Runner Up grup terbaik.

Sebagai informasi, selain Timnas Indonesia masih ada tiga wakil Asia Tenggara lainnya yang juga berpeluang lolos ke putaran final via Runner Up grup terbaik.

Siapa sajakah tiga wakil yang dimaksud? Berikut daftarnya.

1. Thailand

Thailand tergabung di grup C bersama Uzbekistan, Sri Lanka, dan Maladewa. Di dua laga grup C sebelumnya, tim Gajah Perang berhasil menyapu bersih dengan kemenangan dan mengantongi enam poin.

Berkat dua kemenangan itu, Thailand pun berpeluang besar lolos ke Piala Asia 2023, baik itu sebagai juara grup maupun sebagai salah satu dari lima Runner Up terbaik.

Jika menang atas Uzbekistan di laga terakhir, Thailand berpeluang lolos sebagai juara grup. Andai pun kalah, tim Gajah Perang bisa lolos karena unggul selisih gol, jumlah poin dan poin Fair Play atas Runner Up grup lainnya.

2. Filipina

Filipina tergabung di grup B bersama Palestina, Yaman, dan Mongolia. Dalam dua laga yang telah dilewati, The Azkals telah mengantongi empat poin berkat satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Sama seperti Thailand, Filipina pun berada di atas angin dan berpeluang besar lolos ke putaran final dengan status juara grup andai menang atas Palestina di laga terakhir, atau lolos dengan status Runner Up grup terbaik andai imbang atau kalah.

Namun jika Filipina kalah dan Malaysia serta Timnas Indonesia menang di laga terakhir, The Azkals berpotensi terdepak dan tak lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

3. Malaysia

Malaysia juga masih berpeluang lolos karena saat ini menduduki peringkat kedua grup E bersama Bahrain, Turkmenistan, dan Bangladesh.

Di dua pertandingan sebelumnya, Malaysia meraih satu kemenangan dan satu kekalahan, dengan unggul keunggulan selisih satu gol. Catatan ini membuat Harimau Malaya berada di peringkat lima Runner Up terbaik di atas Timnas Indonesia.

Malaysia punya peluang lolos lebih besar dari Indonesia jika berhasil menang atas Bangladesh di laga pamungkas grup E. Jika Harimau Malaya seri atau kalah dan skuat Garuda menang atas Nepal, maka tiket lolos ke Piala Asia 2023 berpotensi menjadi milik tim Merah Putih.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini