Bolaindonesia

5 Alasan Timnas Indonesia Menang Telak Lawan Nepal dan Lolos ke Piala Asia 2023

Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia bakal menjalani partai penentuan saat bersua Nepal di partai pamungkas grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Berikut alasan skuat Garuda bisa mengalahkan lawannya itu.

Timnas Indonesia akan menjalani partai hidup mati untuk menentukan kelolosan ke Piala Asia 2023 saat bertemu Nepal, Rabu (15/6) WIB.

Laga ini menjadi laga hidup mati mengingat Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Asia 2023 dengan merebut satu tiket Runner Up grup terbaik.

Kekalahan dari Yordania di laga kedua lalu, membuat Timnas Indonesia mau tak mau harus menang agar bisa menyegel satu tiket ke Piala Asia 2023.

Tak hanya butuh kemenangan saja. Timnas Indonesia butuh banyak gol ke gawang Nepal sembari berharap Kuwait tak menang atas Yordania.

Tak cukup sampai di situ saja, Timnas Indonesia juga harus berharap antara Filipina atau Malaysia menelan kekalahan di laga terakhir grupnya, agar bisa menggeser salah satu dari keduanya di posisi lima Runner Up terbaik.

Dengan kata lain, nasib ditentukan di tangan Timnas Indonesia sendiri dan juga berharap lawan-lawannya tersebut tergelincir.

Di atas kertas, Timnas Indonesia bisa saja meraih kemenangan atas Nepal dengan mudah. Apalagi jika melihat sederet alasan berikut ini.

1. Unggul atas Nepal

Secara Head to Head, Timnas Indonesia unggul atas Nepal. Di pertemuan terakhirnya, skuat Garuda bisa menghajar lawannya itu 2-0 di laga persahabatan medio 2014 silam.

Selain unggul Head to Head, Timnas Indonesia juga unggul materi pemain dan juga unggul di ranking FIFA dengan jarak sembilan peringkat atas Nepal.

2. Nepal Melempem

Timnas Indonesia bisa dikatakan beruntung bertemu Nepal di laga penentuan. Sebab, calon lawannya ini tengah melempem.

Di dua laga grup A sebelumnya, Nepal menelan kekalahan dengan kebobolan enam gol dan hanya memasukkan satu gol saja. Kondisi ini bisa dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan dengan skor besar.

3. Misi Penggawa Timnas Indonesia

Menghadapi Nepal di partai terakhir akan membuat Timnas Indonesia bermain lebih ngotot guna mewujudkan mimpinya tampil di Piala Asia 2023.

Beberapa penggawa Timnas Indonesia bahkan telah berjanji bisa membawa pulang tiket putaran final Piala Asia 2023. Salah satunya adalah Marc Klok yang ingin memberikan kesan positif dalam ajang pertama yang ia ikuti ini.

4. Penampilan Impresif Timnas Indonesia

Di Kualifikasi Piala Asia 2023 ini, Timnas Indonesia menunjukkan permainan yang apik di setiap laganya. Penampilan ini bahkan membuat tim seperti Kuwait dan Yordania kewalahan.

Jika Timnas Indonesia konsisten memainkan permainan tersebut, maka tiga poin dipastikan akan didapat penggawa Merah Putih di laga kontra Nepal nanti.

5. Para Pemain Terbaik Bakal Diturunkan

Di laga terakhir ini, Shin Tae-yong dipastikan tak akan coba-coba dengan merombak The Winning Team-nya. Dengan ambisi wajib menang, para pemain terbaik pun akan diturunkan di laga kontra Nepal.

Tak cuma para pemain terbaik, pemain yang akan diturunkan pun adalah pemain yang memiliki tekad bisa meraih kemenangan, sehingga bisa membuka asa Timnas Indonesia bisa melangkah ke Piala Asia 2023.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini