Bolaindonesia

Kualifikasi Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Kalah Tipis Lawan Yordania

Timnas Indonesia kalah 0-1 lawan Jordania di laga kedua Kualifikasi Piala Asia 2023.

Rauhanda Riyantama

Aksi Witan Sulaeman saat laga Timnas Indonesia vs Yordania di laga Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)
Aksi Witan Sulaeman saat laga Timnas Indonesia vs Yordania di laga Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia menelan kekalahan lawan Yordania dengan skor tipis 0-1 di laga kedua Kualifikasi Piala Asia 2023. Bertanding di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB, gol tunggal Yordania dicetak oleh Yazal Al-Naimat.

Sejatinya Timnas Indonesia memberikan perlawanan sengit lawan Yordania sepanjang laga. Kiper Nadeo Argawinata bermain gemilang dengan menahan sejumlah peluang yang didapat para pemain lawan.

Dengan kekalahan 0-1 ini, langkah Timnas Indonesia untuk bisa lolos babak kualifikasi masih bisa terbuka. Mereka menyisakan satu pertandingan lagi melawan Nepal yang bakal dihelat Rabu nanti.

Untuk menjaga peluang lolos, setidaknya Timnas Indonesia harus menang melawan Nepal dengan harapan bisa menjadi salah satu dari lima terbaik.

Jalannya pertandingan

Babak pertama Timnas Indonesia harus berjibaku menahan gempuran para pemain Yordania. Berkali-kali kiper Nadeo Argawinata harus jatuh bangun menepis beberapa tembakan on target yang mengarah ke gawangnya.

Laga belum 10 menit berjalan, sebuah tembakan berhasil dimentahkan Nadeo. Lima menit berselang giliran tandukan, lagi-lagi Nadeo bermain apik menghalau bola ke sisi kanan atas pojok gawang.

Anak-anak Skuad Garuda mencoba memberikan perlawanan, namun beberapa upaya mudah dimentahkan oleh para pemain Yordania.

Peluang bagus Indonesia mulai terlihat ketika babak pertama memasuki menit 30. Sebuah tembakan dari kaki Saddil Ramdani hanya menyamping gawang Yordania.

Barulah beberapa menit kemudian, berawal dari sebuah skema serangan balik, Mark Klok memberikan sodoran bola yang langsung disambut tendangan keras kaki kiri Saddil, sayang bola masih bisa ditepis kiper Yordania.

Hingga babak pertama selesai, skor 0-0 tak berubah.

Selepas jeda, Yordania langsung menggempur pertahanan Indonesia. Namun ketatnya pertahanan Timnas berhasil meredam upaya-upaya para pemain lawan.

Namun gawang Nadeo akhirnya bobol di menit 49. Berawal dari sebuah umpan lambung, Pratama Arhan yang mengisi pos kiri pertahanan Timnas gagal menjaga pergerakan salah satu pemain Yordania, bola crossing langsung disambut Yazan yang sudah bebas mencocor bola dan gol! skor berubah jadi 0-1 untuk Yordania.

Tertinggal o-1 Timnas Indonesia tetap kesulitan membangun serangan. Para pemain Yordania dengan mudah mematahkan serangan-serangan skuad Garuda yang lebih banyak mengandalkan umpan-umpan jauh dari area belakang.

Di tengah upaya pemain Timnas Indonesia mengejar ketertinggalan, mereka justru harus dihukum penalti di menit 82. Sebuah pergerakan cepat penyerang Yordania gagal diantisipasi oleh Asnawi dan berujung pelanggaran di area terlarang.

Namun lagi-lagi kiper Nadeo menunjukkan tajinya. Sepakan keras penalti lawan berhasil ditepisnya.

Namun demikian, upaya Timnas Indonesia menyamakan kedudukan tetap saja gagal. Hingga wasit meniup peluit akhir tanda berakhirnya pertandingan, skor 0-1 untuk kemenangan Yordania tak berubah.

Dengan hasil ini Timnas Indonesia harus turun ke peringkat ketiga dengan raihan 3 poin dari sekali menang dan satu kali kalah. Sementara Yordania ada di peringkat pertama dengan dua kali kemenangan dengan raihan 6 poin.

Berita Terkait

Berita Terkini