Profil Abdul Ghafour, Kiper Kuwait yang Merasa Dipermalukan Timnas Indonesia

Kuwait secara mengejutkan kalah 1-2 dari Indonesia

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 10 Juni 2022 | 14:03 WIB
Pemain Timnas Kuwait ketika menyanyikan lagu kebangsaan mereka jelang laga kontra Bahrain pada Kualifikasi Piala Arab 2021 di Stadion Internasional Khalifa di Doha, pada 25 Juni 2021. (KARIM JAAFAR / AFP)

Pemain Timnas Kuwait ketika menyanyikan lagu kebangsaan mereka jelang laga kontra Bahrain pada Kualifikasi Piala Arab 2021 di Stadion Internasional Khalifa di Doha, pada 25 Juni 2021. (KARIM JAAFAR / AFP)

Bolatimes.com - Penjaga gawang timnas Kuwait, Abdul Ghafour, merasa cukup terpukul dengan kekalahan yang dialami timnya dari timnas Indonesia pada laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dalam duel yang berlangsung di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (8/6/2022) itu, timnas Kuwait yang sempat unggul terlebih dahulu justru dipermalukan di kandangnya sendiri.

Awalnya, timnas Kuwait sempat unggul terlebih dahulu lewat tandukan Yousef Nasser (40’). Namun, timnas Indonesia mampu membalas lewat penalti Marc Klok (44’) dan gol Rachmat Irianto (47’).

Baca Juga: Indonesia Masters 2022: Dihajar Wakil Thailand, Rinov/Pitha Gugur di Perempat Final

Abdul Ghafour mengatakan, kekalahan ini terasa sangat memalukan bagi timnas Kuwait karena mereka tampil di hadapan dukungan suporternya sendiri.

Kondisi ini tak hanya mengecewakan. Sebab, timnas Kuwait menjadi kesulitan untuk melaju ke putaran final Piala Asia 2023.

“Kekalahan dari tim Indonesia menyulitkan kami pada awal perjalanan. Karena itu terjadi di kandang kami, di antara penggemar kami yang telah mendukung dari awal pertandingan,” kata Abdul Ghafour, dikutip dari Al-Seyassah.

Baca Juga: Jelang Piala Presiden 2022, Stadion Segiri Sudah Siap Digunakan

Profil Abdul Ghafour

Pemain yang memiliki nama lengkap Sulaiman Abdul Ghafour ini merupakan pesepak bola kelahiran Kuwait City pada 26 Februari 1991.

Saat masih berusia muda, Abdul Ghafour berlatih sepak bola bersama sebuah sekolah sepak bola (SSB) yang diasuh oleh Al-Arabi Sporting Club.

Baca Juga: Link Live Streaming Indonesia Masters 2022 Hari Ini: Ada Anthony Ginting vs Lee Zii Jia

Bersama klub itu pula, Abdul Ghafour mendapatkan kesempatan untuk menembus tim utama Al-Arabi SC mulai tahun 2010.

Dari catatan yang dihimpun oleh National Football Teams, dari awal kariernya sampai saat ini, atau mulai dari rentang 2010 hingga 2022, Abdul Ghafour memang hanya bermain untuk satu klub, yakni Al-Arabi SC.

Bersama Al Arabi, Abdul Ghafour tak hanya berkompetisi di Liga Kuwait saja, tetapi juga mewakili negaranya tampil di Piala AFC 2021.

Baca Juga: Tak Ada Son Heung-min, Berikut Daftar PFA Premier League Team of The Year

Sementara di level tim nasional, Abdul Ghafour telah mencatatkan debutnya di skuad senior sejak masih berusia 22 tahun, tepatnya pada 8 November 2013.

Sampai saat ini, dia secara keseluruhan telah mencatatkan 27 kali penampilan bersama timnas Kuwait di berbagai ajang internasional.

Awalnya, dia menjadi andalan timnas Kuwait di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia saat tergabung di Grup B bersama Nepal, Australia, Yordania, dan China Taipei.

Sejak tahun 2013, Abdul Ghafour memang rutin mendapatkan panggilan timnas Kuwait di sejumlah ajang internasional, termasuk laga FIFA Matchday.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak