Bolaindonesia

Ranking FIFA Terbaru Timnas Indonesia usai Mengalahkan Kuwait

Peringkat FIFA Indonesia mengalami kenaikkan

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Rachmat Irianto usai mencetak gol ke gawang Kuwait. (Dok. PSSI)
Selebrasi Rachmat Irianto usai mencetak gol ke gawang Kuwait. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Kemenangan yang diraih timnas Indonesia atas Kuwait tak hanya melambungkan harapan tinggi di Kualifikasi Piala Asia 2023, tetapi juga mengatrol peringkat FIFA skuad Garuda.

Pasalnya, peringkat FIFA timnas Indonesia mengalami perbaikan positif setelah berhasil menumbangkan perlawanan timnas Kuwait pada laga perdana Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada pertandingan yang berlangsung di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (8/6/2022) itu, timnas Indonesia sukses melibas Kuwait dengan skor tipis 2-1.

Kuwait memang sempat unggul terlebih dahulu lewat tandukan Yousef Nasser pada menit ke-39. Namun, skuad Garuda mampu membalas lewat eksekusi penalti Marc Klok dan sontekan Rachmat Irianto.

Dengan hasil positif ini, peringkat timnas Indonesia di ranking FIFA mengalami perbaikan karena Kuwait posisinya lebih tinggi ketimbang skuad Merah Putih.

Dari hitung-hitungan yang dicatat Footy Rankings, timnas Indonesia mendapatkan poin tambahan sebanyak 14,02 poin seusai menumbangkan Kuwait.

Sementara itu, timnas Kuwait yang mengalami kekalahan dari Indonesia juga harus kehilangan poin dengan nominal yang sama.

Jika dikalkulasi, timnas Indonesia yang sebelumnya berada di peringkat ke-158 FIFA sukses mengalami perbaikan satu level ke peringkat 158.

Sebab, secara keseluruhan, timnas Indonesia kini telah mengoleksi 1014,71 karena mendapatkan tambahan 14,02 poin seusai laga versus Kuwait.

Sementara itu, Kuwait yang kehilangan 14,02 poin posisinya merosot jauh. Dari awalnya duduk di peringkat ke-145, kini mereka harus puas tergeser ke urutan ke-150.

Ranking FIFA Kuwait merosot usai dikalahkan Timnas Indonesia. (Twitter)
Ranking FIFA Kuwait merosot usai dikalahkan Timnas Indonesia. (Twitter)

Pada laga berikutnya, skuad asuhan Shin Tae-yong akan berjumpa Yordania pada pertandingan kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Laga yang juga masih akan digelar di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, ini akan terselenggara pada MInggu (12/6/2022) pukul 02.15 WIB.

Duel ini tak hanya akan menentukan nasib selanjutnya timnas Indonesia di fase ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, tetapi juga mendongkrak peringkat FIFA.

Pasalnya, sebagai klub dengan ranking tertinggi di Grup A, Yordania saat ini berada di peringkat 83 FIFA. Andai mampu meraih kemenangan, posisi skuad Merah Putih akan semakin melejit.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini