Bolaindonesia

5 Fakta Menarik Ricardinho, Pemain Futsal Terbaik Dunia 6 Kali yang Gabung Klub Atta Halilintar

Ricardinho dikontrak Pendekar United untuk mengarungi putaran kedua Liga Futsal Profesional 2021.

Rauhanda Riyantama

Pemain Timnas Futsal Portugal, Ricardinho resmi bergabung klub milik Atta Halilintar, Pendekar United. (AFP)
Pemain Timnas Futsal Portugal, Ricardinho resmi bergabung klub milik Atta Halilintar, Pendekar United. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut lima fakta menarik dari seorang Ricardinho, pemain futsal terbaik dunia yang bergabung dengan klub Atta Halilintar, Pendekar United.

Jagat futsal Tanah Air belakangan digemparkan oleh kabar bergabungnya pemain futsal profesional asal Portugal, Ricardinho.

Pemain berusia 36 tahun itu akan berkecimpung di dunia futsal Tanah Air setelah dipastikan bergabung dengan Pendekar United yang merupakan klub profesional milik selebritas papan atas, Atta Halilintar.

Melalui unggahannya di akun Instagram pribadinya, Ricardinho mengkonfirmasi kabar dirinya bergabung Pendekar United musim ini.

Ricardinho akan bermain bersama Pendekar United di putaran kedua Liga Futsal Profesional 2021 yang akan digelar pada 18 Juni mendatang.

Melihat sepak terjangnya, banyak yang tak sabar menantikan aksi Ricardinho di kancah futsal Tanah Air. Apalagi, ia datang membawa status mentereng.

Status mentereng yang Ricardinho miliki adalah keberhasilannya menjadi pemain futsal terbaik dunia sebanyak enam kali.

Belum lagi dengan sederet prestasi yang Ricardinho dapatkan selama berkarier, baik di level klub maupun bersama tim nasional futsal Portugal.

Kehadiran Ricardinho membuat beberapa pihak bertanya-tanya mengenai sosok dan rekam jejaknya selama berkarier di kancah futsal.

Berikut ini sederet fakta dalam karier Ricardinho di kancah futsal.

Pemain Timnas Futsal Portugal, Ricardinho resmi bergabung klub milik Atta Halilintar, Pendekar United. (AFP)
Pemain Timnas Futsal Portugal, Ricardinho resmi bergabung klub milik Atta Halilintar, Pendekar United. (AFP)

1. Pernah Berkarier di Asia

Indonesia ternyata bukanlah negara Asia pertama yang jadi pelabuhan Ricardinho dalam karier futsalnya selama ini.

Ternyata, Ricardinho sempat berkarier di Jepang bersama tim Nagoya Oceans sejak 2010-2013 dengan merengkuh empat gelar bergengsi.

2. Berprestasi di Level Klub

Seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, Ricardinho menjadi magnet prestasi, terutama di level klub, jika melihat rekam jejaknya.

Sejak berkiprah di kancah futsal pada 2003 silam, total 34 trofi telah ia dapatkan bersama beberapa klub, di mana dari sekian trofi tersebut adalah trofi Liga Champions Futsal Eropa.

3. Berprestasi di Level Negara

Tak hanya punya prestasi mentereng di level klub, Ricardinho punya prestasi mentereng saat membela tim nasional futsal negaranya, Portugal.

Selama membela Portugal, Ricardinho mampu mempersembahkan trofi internasional seperti Piala Eropa Futsal 2018 dan Piala Dunia Futsal 2021.

4. Peraih Gelar Pemain Terbaik Dunia Terbanyak

Ricardinho datang ke Indonesia dengan trofi individu berupa gelar pemain terbaik dunia futsal sebanyak enam kali, yakni di tahun 2010, 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018.

Torehan ini menjadi yang terbanyak dibandingkan seluruh pemain futsal di dunia, termasuk melebihi gelar pemain terbaik dunia futsal yang didapat legenda futsal Brasil, Falcao dengan empat gelar.

5. Berposisi sebagai Flank

Sepanjang kariernya, Ricardinho bermain di posisi Flank atau winger. Kelincahan dan kecepatannya menjadi senjata yang mematikan bagi lawan di atas arena.

Posisi ini sudah dimainkannya sejak memulai karier di kancah futsal pada 2003 silam. Dari posisi ini, ia bisa merengkuh gelar top skor di ajang seperti Piala Eropa Futsal 2016 dan 2018 serta Piala Dunia Futsal 2016.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Terkait

Berita Terkini