Bolaindonesia

Liga 1 Kebanjiran Pemain Asal Jepang, Berikut Daftarnya

Total sudah ada tujuh pemain asal Jepang yang akan tampil di Liga 1 202/2023.

Rauhanda Riyantama

Taisei Marukawa pakai jersey PSIS Semarang saat pulang ke Jepang. (Instagram/@yoyok_sukawi)
Taisei Marukawa pakai jersey PSIS Semarang saat pulang ke Jepang. (Instagram/@yoyok_sukawi)

Bolatimes.com - Ekspansi besar-besaran pemain asal Jepang ke Liga Indonesia benar-benar terjadi, Persebaya Surabaya baru saja mendatangkan Sho Yamamoto jelang bergulirnya Liga 1 2022/2023.

Sho Yamamoto yang didatangkan Persebaya Surabaya menjadi pemain ke-7 asal Jepang yang datang dan merumput di Liga 1, kasta tertinggi kompetisi sepak bola di Indonesia.

Berkaca dari moncernya Taisei Marukawa saat bermain bersama Persebaya Surabaya membuat minat para pemain asal Jepang bermain di Indonesia mengalami peningkatan pesat.

Sebelum Sho Yamamoto bergabung klub berjuluk Bajul Ijo itu, setidaknya ada enam pemain asal Jepang yang lebih dulu merumput di Liga Indonesia.

Taisei Marukawa namanya mencuat setelah tampil ciamik bersama Persebaya, moncernya sang pemain di musim 2021-2022 bahkan membuat sang pemain saat ini dipinang PSIS Semarang.

Borneo FC Samarinda memiliki seorang pemain asal Jeapang bernama Kei Hirose, bukan nama baru dalam kancah dunia sepak bola Tanah Air.

Renshi Yamaguchi bersama Arema FC, penampilannya juga tak bisa dipandang sebelah mata di musim 2021/2022 bersaing dengan Taise saat membela rival Singo Edan.

Kodai Lida, sosoknya memang belum dikenal luas masyarakat Indonesia namun di musim 2022/2023 sang pemain bakal selalu menjadi andalan Rans Nusantara FC.

Ryota Roma, Pulau Kalimantan tak hanya memiliki satu klub dengan pemain Jepang yang dimiliki, Barito Putera juga memilikinya dalam sosok Ryota Noma.

Katsuyoshi Kimishima menjadi sosok yang juga bakal menghiasi gelaran Liga 1 2022-2023 bersama Bhayangkara FC, bukan tak mungkin pemain asal Jepang bakal berdatangan lagi,.

Mengingat bursa transfer Liga 1 2022 belum ditutup hingga saat ini, Liga Indonesia bisa menjadi kiblat para pemain Jepang yang ingin tantangan berbeda di kancah Asia.

Selain efek Taise Marukawa menjadi salah satunya, hal ini diungkapkan Aggy Ek Ressa selaku agen pembawa 5 dari tujuh pemain asal Jepang ke Liga Indonesia.

Selebihnya pemain Jepang diketahui memiliki attitude yang sangat baik dengan budaya hampir sama dengan Indonesia.

"Taisei musim lalu tampil luar biasa, sebagai pemain asing Asia, kualitasnya mampu mengalahkan pemain asing dari Benua atau negara lain," ucap Aggy.

"Pemain asal Jepang dikenal pekerja keras dan memiliki skill di atas rata-rata sehingga sangat dibutuhkan tim. Pemain asal Jepang dikenal memiliki sikap baik, sopan.''

"Dan memiliki budaya hampir sama sehingga cepat beradaptasi di Indonesia. Hal ini membuat banyak klub Liga 1 yang akhirnya tertarik dengan pemain Jepang musim depan," imbuhnya.

Berikut daftar pemain Jepang yang akan tampil di Liga 1 2022/2023.

Taisei Marukawa - PSIS Semarang
Kei Hirose - Borneo FC Samarinda
Renshi Yamaguchi - Arema FC
Sho Yamamoto - Persebaya Surabaya
Kodai Iida - Rans Nusantara FC
Ryota Noma - Barito Putera
Katsuyoshi Kimishima - Bhayangkara FC

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini