Lini Depan Mandul, Ini 5 Striker Ganas yang Bisa Jadi Opsi Shin tae-yong di Kualifikasi Piala Asia 2023

5 striker ini bisa jadi pilihan Shin Tae-yong untuk menyudahi masalah mandulnya lini depan Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Rabu, 25 Mei 2022 | 18:00 WIB
Ilija Spasojevic merayakan gol saat Bali United tundukkan Madura United 2-0 di Liga 1 2021. (Instagram/liga1match)

Ilija Spasojevic merayakan gol saat Bali United tundukkan Madura United 2-0 di Liga 1 2021. (Instagram/liga1match)

Bolatimes.com - Berikut deretan penyerang ganas yang bisa menjadi opsi Shin Tae-yong guna memperkuat lini serang Timnas Indonesia jelang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Mandulnya lini serang masih menjadi permasalahan pelik bagi Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong, baik di kelompok umur maupun di tim senior.

Hampir seluruh penyerang yang dipakai Shin Tae-yong di tim nasional dicap gagal karena minimnya sumbangsih gol yang diberikan.

Baca Juga: Thomas Doll Klaim Persija Jakarta Perlu Pemain Asing Berkualitas untuk Tiga Posisi Ini

Sebut saja Irfan Jauhari yang menjadi andalan di SEA Games 2021. Sempat moncer di Persija Jakarta dan Liga 1, penyerang berusia 21 tahun itu malah tak mampu mencetak sebiji gol pun di ajang Multi-Event tersebut.

Mundur jauh ke belakang, ada nama Ezra Walian dan Dedik Setiawan yang menjadi pilar di lini serang Timnas Indonesia senior pada ajang Piala AFF 2020 lalu.

Keduanya dicap gagal, karena kontribusi golnya yang masih kalah dari para winger ataupun barisan gelandang Timnas Indonesia.

Baca Juga: Dikecam Netizen usai Berbicara Kotor, Yeremia Rambitan Minta Maaf

Permasalahan ini pun bisa saja mengubur mimpi Timnas Indonesia berlaga di Piala Asia 2023 mendatang kala menjalani babak kualifikasi di Kuwait.

Tergabung di grup A bersama lawan-lawan berat seperti Kuwait, Yordania, dan Nepal, Shin Tae-yong mau tak mau harus memiliki lini serang yang subur agar bisa meraih kemenangan atas lawan-lawannya.

Dengan buruknya penampilan para penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021, Shin Tae-yong pun patut melirik lima penyerang ganas ini yang bisa menjadi andalan di Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang.

Baca Juga: Konvoi Pembalap Formula E di Monas Resmi Batal, Cuma Ada Sesi Foto

Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic merayakan gol saat Bali United tundukkan Madura United 2-0 di Liga 1 2021. (Instagram/liga1match)
Ilija Spasojevic merayakan gol saat Bali United tundukkan Madura United 2-0 di Liga 1 2021. (Instagram/liga1match)

Ilija Spasojevic merupakan penyerang naturalisasi yang bisa dilirik Shin Tae-yong karena tengah moncer di gelaran BRI Liga 1 2021-2022.

Baca Juga: Lawan Kuwait di Laga Perdana, Berikut Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Di ajang Liga 1 musim lalu, penyerang gaek ini berhasil keluar sebagai top skorer dengan 23 gol dan membawa Bali United menjadi juara.

Dengan ketajaman dan kematangannya sebagai penyerang, Shin Tae-yong bisa meliriknya kembali dan mengesampingkan gaya permainannya yang dinilai tak cocok, demi membawa Timnas Indonesia lolos dari babak grup Kualifikasi Piala Asia 2023.

2. Dimas Drajad

Indonesia sejatinya tak pernah kehabisan penyerang lokal yang bisa bersaing melawan gempuran penyerang asing. Salah satunya adalah Dimas Drajad.

Bomber Tira-Persikabo ini juga moncer di gelaran BRI Liga 1 2021-2022 lalu, dengan membukukan 11 gol yang membuatnya menjadi salah satu pemain lokal yang bisa mencetak dua digit gol.

Karena kemampuannya itu, pelatih Tira-Persikabo, Liestiadi Sinaga, menyebut bahwa anak asuhnya itu sudah layak untuk membela Timnas Indonesia.

3. Beto Goncalves

Striker Persis Solo, Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persijap Jepara dalam lanjutan Grup C Liga 2 2021 di Stadion Manahan, Selasa (9/11/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]
Striker Persis Solo, Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persijap Jepara dalam lanjutan Grup C Liga 2 2021 di Stadion Manahan, Selasa (9/11/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Ilija Spasojevic bukanlah satu-satunya penyerang naturalisasi yang layak dipanggil Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti. Masih ada nama penyerang gaek lainnya, yakni Beto Goncalves.

Penyerang milik Madura United ini boleh jadi telah berusia 40 tahun lebih. Namun, ketajamannya sebagai penyerang tak pernah diragukan lagi. Hal ini dibuktikannya di gelaran BRI Liga 1 2021-2022 lalu.

Dengan segudang pengalaman dan fisiknya yang masih terjaga, Beto bisa menjadi opsi bagi Shin Tae-yong agar lini serang Timnas Indonesia tampil kuat di Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti.

4. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay boleh jadi tengah melempem di level klub dan gelaran BRI Liga 1 2021-2022 lalu. Namun statusnya sebagai penyerang tajam tak diragukan lagi.

Meski berposisi sebagai winger, Osvaldo Haay bisa juga beroperasi sebagai penyerang tengah yang haus gol. Hal ini dibuktikannya di SEA Games 2019 lalu.

Di ajang tersebut, Osvaldo Haay keluar sebagai top skor turnamen dengan mengemas delapan gol yang membawa Timnas Indonesia U-23 meraih medali perak.

5. Irfan Jaya

Penyerang Persebaya Surabaya, Irfan Jaya (Dok: persebaya.id)
Penyerang Persebaya Surabaya, Irfan Jaya (Dok: persebaya.id)

Shin Tae-yong tak perlu repot-repot melihat penyerang lain, mengingat di skuat Timnas Indonesia pilihannya, masih ada nama Irfan Jaya yang juga terbilang moncer sebagai penyerang.

Hal ini dibuktikannya pada gelaran Piala AFF 2020 lalu, di mana winger milik Bali United ini mampu melesakkan tiga gol.

Meski berposisi winger, Irfan Jaya punya ketajaman bak penyerang tengah dan andal dalam mencari ruang kosong di area pertahanan lawan.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak