Bolaindonesia

3 Fakta Menarik Ernando Ari, Penyelamat Timnas Indonesia U-23 yang Pernah Ditolak PSIS Semarang

Ernando Ari jadi penyelamat Skuad Garuda Muda.

Husna Rahmayunita

Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Dok. PSSI)
Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Performa kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari Sutaryadi saat menghadapi Malaysia di perebutan medali perunggu SEA Games 2021 banjir pujian. Ernando Ari dianggap sebagai penyelamat Skuad Garuda Muda.

Bermain di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (22/5/2022), skuad 'Garuda Muda' menang lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Pada adu tos-tosan itu, penjaga gawang berusia 20 tahun tersebut menjadi pahlawan. Kiper milik Persebaya Surabaya ini sukses menahan dua tendangan penalti pemain Malaysia.

Atas keberhasilan menepis dua tendangan penalti itu, Timnas Indonesia U-23 akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3.

Selama 90 menit pertandingan, Ernando juga tampil gemilang. Dia mampu melakukan beberapa kali penyelamatan saat pertahanan Garuda Muda diserang pasukan Harimau Malaya.

Berikut beberapa fakta menarik dari Ernando Ari Sutaryadi yang sudah Bolatimes rangkum dari berbagai sumber!

Penjaga gawang timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi (kanan) saat pertandingan Final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Penjaga gawang timnas Indonesia Ernando Ari Sutaryadi (kanan) saat pertandingan Final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8/2018). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

1. Juara Piala AFF U-16

Ernando Ari Sutaryadi merupakan bagian dari Timnas Indonesia U-16 yang menjuarai Piala AFF U-16 pada Agustus 2018.

Gelar juara ini diraih usai mengalahkan Thailand lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. Ernando berhasil menghalau dua penendang penalti Thailand.

2. Juara Liga 1 U-20

Tak cuma di level tim nasional prestasi berhasil diukir oleh Ernando, dia juga merupakan bagian dari Persebaya U-20 yang menjadi kampiun Liga 1 U-20.

Bersama rekan-rekannya yang juga ada di Timnas Indonesia U-19 saat itu seperti Supriadi hingga Brylian Aldama, Ernando membawa Persebaya jadi juara usai mengalahkan PSIS Semarang.

3. Pernah Gagal Masuk PSIS Semarang

Ernando Ari adalah pemain kelahiran Semarang, Jawa Tengah, sebagai pemuda asli kelahiran Semarang, dia ingin membela Laskar Mahesa Jenar.

Namun, ia nyatanya pernah ditolak bermain di PSIS Semarang karena kuota pemain yang sudah penuh. Hal itu pula yang membuatnya bergabung dengan Persebaya.

Di Persebaya, karier Ernando Ari Sutaryadi justru meroket dan kini menjadi langganan di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

(Kontributor: Aditia Rizki)

Berita Terkait

Berita Terkini