Bolaindonesia

Shin Tae-yong Anggap Marselino dan Ronaldo Kwateh Bisa Bersaing di Jepang Atau Korea

Shin Tae-yong berharap keduanya bisa berkarier di luar negeri

Irwan Febri Rialdi

Ronaldo Kwateh dalam pertandingan melawan Malaysia di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)
Ronaldo Kwateh dalam pertandingan melawan Malaysia di SEA Games 2021. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, memberikan pujian terhadap Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Ia menyebut keduanya bisa bersaing di Korea Selatan atau Jepang.

Marselino dan Ronaldo Kwateh menjadi pemain paling muda Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, yakni 17 tahun. Meski begitu, keduanya kerap mendapatkan dari Shin Tae-yong.

Marselino bahkan sudah menyumbang dua gol selama SEA Games 2021. Ronaldo juga tak mau kalah, dia mencetak gol satu-satunya ke gawang Malaysia dalam perebutan perunggu.

Shin Tae-yong pun mengakui kontribusi keduanya di SEA Games 2021. Ia menyebut keduanya memiliki kemampuan untuk bisa bersaing di Liga Jepang atau Korea Selatan untuk lebih berkembang.

Pelatih asal Korea Selatan itu mendorong keduanya agar bertekad berkarier di luar negeri.

"Marselino dan Ronaldo melakukannya dengan baik dan banyak kontribusi di SEA Games 2021. Mereka akan berkembang dan mampu bersaing tidak hanya di Vietnam dan Indonesia, tetapi juga Jepang dan Korea Selatan," kata Shin Tae-yong, dikutip dari Zing.

"Saya harap mereka keluar menjadi pemain asing. Bisa di mana saja, selama ada profesionalisme lebih, kompetisi lebih bagi mereka untuk belajar dan berkembang," lanjutnya.

"Saya pikir, mereka akan menjadi masa depan sepak bola Indonesia," tuturnya menambahkan.

Di Timnas Indonesia saat ini, baru dua pemain yang berhasil menembus Liga Jepang dan Korea Selatan. Mereka adalah Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners/Korea Selatan) dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy/Jepang).

Berita Terkait

Berita Terkini