Momen Langka, Berikut 4 Pemain Indonesia yang Pernah Cetak 4 gol dalam Satu Laga

Siapa saja mereka? berikut pemain Indonesia yang pernah cetak empat gol dalam satu laga.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Selasa, 17 Mei 2022 | 16:00 WIB
Mantan penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2008, Budi Sudarsono. (Adek Berry/AFP).

Mantan penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2008, Budi Sudarsono. (Adek Berry/AFP).

Bolatimes.com - Berikut deretan pemain Indonesia yang punya naluri gol tinggi sehingga bisa mencetak quattrick atau empat gol dalam satu laga saja.

Mencetak gol bukanlah perkara yang mudah dalam sepak bola. Untuk mencetak sebiji gol dalam satu laga saja, para penyerang akan mengalami kesulitan, apalagi jika mencetak empat gol dalam satu pertandingan.

Di Indonesia sendiri, jarang ada pemain yang mampu mencetak empat gol. Jika pun ada, mayoritas lesakkan empat gol dalam satu laga atau Quattrick lebih banyak dilakukan bomber asing.

Baca Juga: Viral Momen Park Hang-seo Asyik Mancing, Warganet: Mungkin Lelah Nonton Pertandingan

Sebagai contoh adalah Beto Goncalves. Penyerang naturalisasi ini merupakan salah satu bomber yang bisa mencetak empat gol dalam satu laga.

Empat gol atau Quattrick itu dilesakkannya saat membela Timnas Indonesia dalam sebuah laga uji coba melawan Timnas Vanuatu pada 2019 silam.

Dalam pertandingan tersebut, Beto Goncalves memborong empat gol dari kemenangan 6-0 Indonesia atas Vanuatu lewat golnya di menit ke-2, menit ke-48, menit ke-61, dan menit ke-65.

Baca Juga: Air Mata Bercucuran, Momen Hector Bellerin Nangis akan Kembali ke Arsenal

Kemampuan Beto Goncalves hingga mencetak empat gol dalam satu laga membuat banyak pihak bertanya-tanya. Adakah bomber yang benar-benar asli Indonesia yang mampu mencetak Quattrick dalam satu laga?

Jawabannya adalah ada. Berikut empat bomber lokal yang mampu mencetak empat gol dalam satu laga atau Quattrick.

1. Bambang Pamungkas

Baca Juga: Profil Putri KW, Pebulu Tangkis 19 Tahun yang Kalahkan Tunggal Vietnam Vu Thi Trang

Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).
Bambang Pamungkas. (Twitter/@theafcdotcom).

Penyerang legendaris Indonesia, Bambang Pamungkas, merupakan salah satu bomber tajam yang pernah mencetak empat gol dalam satu laga.

Tak tanggung-tanggung, lesakkan empat gol itu dibuat penyerang yang akrab disapa Bepe ini di laga sekelas Piala Tiger 2002 kala Indonesia melawan Filipina.

Bepe mencetak empat golnya itu di menit ke-1, ke-29, ke-35, dan ke-82 sehingga membawa Indonesia menang 13-1 atas Filipina.

Baca Juga: Jumpa Thailand di Final, Rionny Mainaky: Tak Mudah, Mereka Turunkan Kekuatan Penuh

2. Zaenal Arief

Zaenal Arief pun tak mau ketinggalan mencatatkan namanya dalam sejarah Indonesia sebagai penyerang yang mampu mencetak Quattrick.

Mantan penyerang Persib Bandung ini mencetak Quattrick-nya itu di Piala Tiger 2002 saat Indonesia menghajar Filipina, atau saat dirinya berduet bersama Bepe.

Zaenal Arief mencetak empat gol tersebut masing-masing di menit ke-6, menit ke-38, menit ke-41, dan menit ke-57.

3. Soetjipto Soentoro

Soetjipto Soentoro merupakan penyerang legendaris Indonesia di era 60 an. Bisa dikatakan, dialah penyerang terbaik yang pernah dimiliki tim Merah Putih.

Berdasarkan catatan yang ada, Soetjipto Soentoro mampu mencetak 57 gol bagi Timnas Indonesia hanya dalam 68 penampilan saja.

Sebagian golnya bagi Timnas Indonesia itu bahkan dicetak dengan cara berkelas, yakni Double Quattrick atau delapan gol dalam satu laga saat melawan Singapura pada Piala Merdeka 1969.

4. Budi Sudarsono

Budi Sudarsono/Instagram
Budi Sudarsono/Instagram

Melengkapi kuartet penyerang Indonesia yang pernah mencetak Quattrick, ada nama Budi Sudarsono atau penyerang seangkatan Bepe dan Zaenal Arief.

Penyerang berjuluk Si Piton ini dikenal sebagai penyerang yang gesit dan sulit dihentikan. Selain itu, ia juga punya Finishing yang mematikan.

Salah satu tanda ketajamannya adalah kala mencetak Quattrick di ajang Piala Kemerdekaan 2008 kala Indonesia melawan Kamboja.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Bek Persib Bandung Kakang Rudianto langsung terbang ke Dubai untuk bergabung bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Timnas mengawalinya dengan pemusatan latihan di Dubai

bolaindonesia | 12:49 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia Shin Tae-yong masih mempunyai pekerjaan rumah sebelum menjalani debut di Piala Asia U-23 2024 di Qatar

bolaindonesia | 14:34 WIB

Nathan Tjoe-A-On, pemain asal klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen menjadi nama terakhir yang dipanggil Shin Tae-yong bersama 27 pemain timnas Indonesia guna menjalani persiapan Piala Asia U23 2024 di Qatar.

bolaindonesia | 20:34 WIB

Pelatih timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong memberi apresiasi bantuan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan para pemilik klub Liga 1 Indonesia.

bolaindonesia | 20:06 WIB

Pelatih Tim Nasional U-23 Indonesia, Shin Tae-yong sampaikan terimakasih kepada klub peserta Liga 1 yang sudah memberikan dukungan penuh untuk timnya tampil dalam Piala Asia U-23 Qatar 2024.

bolaindonesia | 16:37 WIB

Pemain Persib Beckham Putra Nugraha kembali batal memperkuat Tim Nasional Indonesia akibat cedera. Sebelumnya absen dalam ajang Asia Games 2023, kali ini tak tampil di Piala Asia U-23 di Qatar

bolaindonesia | 15:45 WIB

Pemain keturunan Seharga Rp31,29 Miliar mengaku sedang melakukan proses naturalisasi, bakal jadi amunisi baru timnas Indonesia kontra Irak?

bolaindonesia | 12:19 WIB

Gelandang Persib Bandung Beckham Putra Nugraha akan fokus untuk menghadapi Bhayangkara FC sebelum berkonsentrasi bersama Tim Nasional U-23 Indonesia dalam AFC U23 Cup 2024 di Qatar

bolaindonesia | 12:40 WIB

Pertandingan Persib kontra Bhayangkara akan jadi pertandingan alumni Seri A Italia

bolaindonesia | 20:34 WIB

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok mengalami cedera dan harus menjalani pemulihan di Singapura.Kondisi itu membuat Klok tak ikut dalam dalam rombongan Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Vietnam

bolaindonesia | 19:26 WIB

Setelah pemanggilan pada Sabtu (23/3/2024) pukul 02.44 WIB, hari ini Ernando Ari sudah terlihat ikut berlatih bersama rekan-rekan Timnas lainnya di Hanoi, Vietnam.

bolaindonesia | 09:19 WIB

Jelang laga lawan Vietnam, Timnas Indonesia hadapkan krisis pemain. Sehingga STY memanggil punggawa tambahan untuk terbang ke Vietnam.

bolaindonesia | 13:47 WIB

Dalam pertandingan putaran pertama, pada Jumat, (22/3/2024) berakhir imbang 1-1, Arkhan Kaka sama sekali tidak mencetak gol akibat rapatnya pertahanan timnas China.

bolaindonesia | 12:35 WIB

Kabarnya, Timnas Indonesia harus kehilangan lima pemain sekaligus lantaran kondisi kesehatan yang terganggu.

bolaindonesia | 08:45 WIB

Lama tak ada kabar soal kebersamaannya bersama Timnas Indonesia, gelandang Persib, Marck Klok tiba-tiba memberi kabar tak sedap.Pemain berdarah Belanda itu mengaku jika dirinya meninggalkan Timnas Indonesia karena alasan pribadi.

bolaindonesia | 07:15 WIB

Timnas U20 Indonesia bermain dengan formasi 4-3-3 di pertandingan ini. Indra Sjafri memposisikan Arkhan Kaka sebagai striker utama, didukung oleh Afrisal dan Ariansyah di sampingnya.

bolaindonesia | 06:15 WIB

ek tim nasional Indonesia, Jay Idzes dalam laga itu mendapat pujian netizen lantaran permainan yang apik.Dia mampu menunjukkan sikap rendah hati setelah mendapat pujian lantaran mampu memimpin lini belakang secara baik.

bolaindonesia | 16:39 WIB

Shin Tae-yong membuat kaget para fans Timnas Indonesia dengan memasang Hokky Caraka sebagai starter, ternyata dibalik semua itu ada ada alasan ini

bolaindonesia | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak