Bolaindonesia

Shin Tae-yong Minta Timnas Indonesia U-23 Kerahkan Kekuatan Maksimal Lawan Filipina

Tak peduli berapa skornya, Timnas Indonesia U-23 wajib menang.

Husna Rahmayunita

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong percaya diri anak asuhnya mampu mengatasi dua laga tersisa di fase grup SEA Games 2021 yakni lawan Filipina dan Myanmar.

Pada Jumat (13/5/2022), Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan menghadapi Filipina. Lalu dua hari setelahnya lawan Myanmar.

Menang menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia U-23 demi bisa lolos ke semifinal SEA Games 2021. Saat ini, Skuad Garuda Muda berada di urutan keempat klasemen sementara dengan torehan tiga poin dari dua pertandingan.

Media Vietnam Soha.vn menyebut sejatinya Indonesia diprediksi memberikan hasil positif saat laga perdana lawan Vietnam, Namun, justru menerima kekalahan dengan skor 0-3.

Terkait hal itu, Shin Tae-yong mengungkap alasan di balik belum maksimalnya performa Timnas Indonesia U-23 sejauh ini.

"Turnamen di Indonesia sudah berakhir sekitar 2 bulan yang lalu dan para pemain cukup lama beristirahat, termasuk penyerang utama Ricky Kambuaya. Hal itu menyebabkan performa para pemain menurun drastis," ungkapnya seperti dikutip Jumat (13/5/2022).

"Namun, kami akan fokus untuk menang dan meningkatkan performa di dua pertandingan tersisa (lawan Filipina dan Myanmar," imbuhnya.

Juru taktik asal Korea Selatan itu melanjutkan jika Timnas Indonesia U-23 mesti menang tak peduli berapa skornya pada dua laga yang tersisa.

"Sebenarnya selisih gol tidak terlalu penting jika kami bisa menang lawan Filipina maupun Myanmar," ujar Shin Tae-yong.

Karenanya, ia meminta anak asuhnya untuk bekerja keras agar menambah kepercayaan para suporter.

"Sebenarnya selisih gol tidak terlalu penting jika kami bisa menang baik Filipina maupun Myanmar. Tentu saja kami akan mengerahkan kekuatan maksimal untuk itu, fans harus menaruh kepercayaan pada tim," tambahnya.

Sementara itu, gelandang Timnas Indonesia U-23 Egy Maulana Vikri juga memiliki motivasi yang tinggi jelang laga lawan Filipina. Ia memastikan, timnya siap tempur pada laga yang rencananya digelar Jumat pukul 16.00 WIB.

"Setiap pemain sangat termotivasi untuk menang. Kami fokus untuk mempertahankan permainan terbaik yang telah ditetapkan pelatih untuk mengalahkan Filipina. Dan yang lebih penting, semuanya. tidak boleh mengulangi kesalahan, bahkan kesalahan terkecil," ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini