Bolaindonesia

Usung Misi Bangkit, 5 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bisa Tumbangkan Timor Leste di SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 berpeluang melibas Timor Leste di SEA Games 2021.

Husna Rahmayunita

Timnas Indonesia U-23 melawan klub Korea Selatan, Daejon Citizen dalam laga uji coba di Daejon World Cup Stadium, Korea Selatan, Rabu (27/4/2022). [PSSI]
Timnas Indonesia U-23 melawan klub Korea Selatan, Daejon Citizen dalam laga uji coba di Daejon World Cup Stadium, Korea Selatan, Rabu (27/4/2022). [PSSI]

Bolatimes.com - Berikut sederet alasan mengapa Timnas Indonesia U-23 berpeluang membungkan Timor Leste dalam lanjutan grup A  SEA Games 2021 yang akan digelar, Selasa (10/5/2022) pukul 19.00 WIB

Timnas Indonesia U-23 akan melanjutkan kiprahnya di SEA Games 2021 dengan menghadapi Timor Leste.  Dalam duelnya dengan Timor Leste ini, Timnas Indonesia U-23 membutuhkan kemenangan dengan margin gol yang cukup besar.

Hal ini tak lepas dari kekalahan Timnas Indonesia U-23 di laga perdananya kontra tuan rumah penyelenggaraan, Vietnam.

Di duel itu, anak asuh Shin Tae-yong dicukur 0-3 oleh tuan rumah Vietnam. Kekalahan ini membuat posisi Timnas Indonesia U-23 terjepit untuk lolos.

Sehingga, mau tak mau Timnas Indonesia U-23 harus menyapu bersih seluruh laga tersisa di grup A dengan kemenangan demi lolos ke babak semifinal.

Langkah Timnas Indonesia U-23 ke semifinal pun akan dimulai kala menjajal kekuatan Timor Leste, yang saat ini tengah linglung.

Berbeda dengan Timnas Indonesia U-23, Timor Leste harus menerima dua laganya di grup A berakhir dengan kekalahan, usai dibabat Filipina 4-0 dan Myanmar dengan skor 3-2.

Selain memanfaatkan hasil buruk lawan, ada sederet alasan mengapa Timnas Indonesia U-23 bisa meraih kemenangan saat berjumpa Timor Leste nanti.

Berikut sederet alasan tersebut.

1. Ramuan Taktik Shin Tae-yong

Shin Tae-yong merupakan pelatih yang selalu berkaca dari pertandingan sebelumnya. Dengan kekalahan dari Vietnam di laga perdana, maka juru taktik asal Korea Selatan itu akan menyiapkan taktik yang lebih baik di laga selanjutnya.

Dalam hal ini, Timor Leste pun akan menjadi korban dari taktik terbaru Shin Tae-yong usai anak asuhnya dibabat habis oleh Vietnam.

Shin Tae-yong dipercayai akan menggunakan taktik baru yang bisa memaksimalkan kualitas para pemainnya agar bisa beradaptasi dengan gaya permainan lawan dan lapangan.

2. Hadirnya Asnawi Mangkualam

Pada pertemuan melawan Vietnam lalu, sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia U-23 benar-benar dihancurkan oleh kubu lawan.

Kini kemungkinan lubang di sisi kanan pertahanan Indonesia akan tertutupi dengan hadirnya Asnawi Mangkualam ke dalam skuat Garuda Muda.

Hadirnya Asnawi ini pun bisa menjadi kunci di laga melawan Timor Leste nanti. Apalagi jika mengingat dirinya adalah salah satu tulang punggung dari permainan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

3. Punya Catatan Lebih Baik dari Timor Leste

Timnas Indonesia U-23 boleh berbangga diri karena punya pengalaman dan catatan lebih baik ketimbang Timor Leste di SEA Games.

Pengalaman penggawa Timnas Indonesia U-23 ini bisa dibilang di atas rata-rata, mengingat mayoritas para pemainnya adalah jebolan Piala AFF 2020 lalu.

Selain itu, secara Head to Head Timnas Indonesia U-23 juga unggul atas Timor Leste saat bertemu di SEA Games, dengan satu kemenangan dan satu hasil imbang.

4. Penggawa Timnas Indonesia U-23 Lebih Berkualitas

Soal kualitas, penggawa Timnas Indonesia U-23 jauh lebih berkualitas ketimbang para penggawa Timor Leste di SEA Games kali ini.

Hal ini tak lepas dari komposisi skuat, di mana skuat Timnas Indonesia U-23 sebagian besar diisi pemain yang punya jam terbang di level internasional.

Meski Timor Leste juga punya beberapa jebolan Piala AFF 2020, namun perbedaan kualitasnya skuat berjuluk Lafaek sangat jauh dengan Timnas Indonesia U-23.

5. Motivasi Meraih Gelar

Kekalahan dari Vietnam di laga perdananya di grup A menjadi motivasi tersendiri bagi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games kali ini.

Kekalahan tersebut membuat keinginan para pemain menciptakan sejarah dengan meraih medali emas pun akan kian membumbung tinggi.

Motivasi ini bisa menjadi senjata saat bertemu Timor Leste nanti dan mencuri tiga poin agar bisa membuka asa menembus semifinal dan meraih medali emas di penghujung penyelenggaraan.

Berita Terkait

Berita Terkini