Bolaindonesia

Profil Nguyen Tien Linh, Striker Vietnam yang Jadi Mimpi Buruk Timnas Indonesia U-23

Nguyen Tien Linh cukup rajin menjebol gawang Timnas Indonesia

Irwan Febri Rialdi

Striker Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh. (Dok. VFF)
Striker Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh. (Dok. VFF)

Bolatimes.com - Striker timnas Vietnam U-23, Nguyen Tien Linh, menjadi salah satu kunci keberhasilan timnya menumbangkan timnas Indonesia U-23 di partai pembuka Grup A SEA Games 2021.

Pada duel yang berlangsung di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Jumat (5/6/2022) itu, Nguyen Tien Linh jadi sosok yang sukses membongkar pertahanan timnas Indonesia U-23.

Selain golnya yang tercipta pada menit ke-54, Nguyen Tien Linh juga mencetak assist untuk gol kedua Vietnam U-23 yang dicetak Do Dung Dung (73’).

Sedangkan gol terakhir yang melengkapi kemenangan Vietnam U-23 atas Indonesia U-23 dengan skor akhir 3-0 dicetak oleh Le Van Do tiga menit jelang bubaran.

Kontribusi semacam itu akhirnya membuktikan betapa mengerikannya sosok Nguyen Tien Linh di sektor lini serang tim Bintang Emas.

Sebab, berbagai analisis yang banyak disajikan jelang laga tersebut memang menyodorkan fakta bahwa Nguyen Tien Linh merupakan pemain yang patut diantisipasi oleh barisan pertahanan skuad Garuda Muda.

Berikut Bolatimes.com menyajikan profil Nguyen Tien Linh, striker timnas Vietnam U-23 yang jadi mimpi buruk timnas Indonesia U-23.

Nguyen Tien Linh merupakan pesepak bola Vietnam yang lahir di Cam Giang, Hai Duong, pada 20 Oktober 1997. Posisi bermainnya yakni sebagai striker tunggal.

Sejak menimba ilmu bersama tim junior Becamex Binh Duong, Tien Linh sudah memperlihatkan bakatnya di dunia olah bola.

Pada tahun 2015, Nguyen Tien Linh menjadi pencetak gol terbanyak di ajang Kejuaraan Sepak Bola Nasional U-19 Vietnam dengan torehan lima gol.

Dari performanya di tim junior, Tien Linh akhirnya mendapatkan kesempatan promosi ke tim utama Becamex Binh Duong pada 2016.

Setelah mencatat debut pada tahun yang sama, Tien Linh ikut mengantarkan Becamex Binh Duong melesat sebagai runner-up V.League 1.

Performa puncaknya tercatat pada tahun 2018. Saat masih berusia 21 tahun, ia sukses mencetak 15 gol selama satu musim di V.League 1. Pada tahun yang sama, ia juga sukses meraih gelar juara Piala Sepak Bola Nasional bersama Becamex Binh Duong.

Sementara itu, di level tim nasional, Nguyen Tien Linh mencatatkan gol pertamanya untuk Vietnam pada ajang Piala AFF 2018. Ketika itu, anak asuh Park Hang-seo sukses keluar sebagai juara.

Semusim selanjutnya, atau pada tahun 2012, dia mencetak gol pertamanya di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 ke gawang timnas Indonesia,

Pada tahun 2021, ia mencetak tiga gol untuk membawa Vietnam melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Ini jadi kali pertama bagi Vietnam sukses melaju ke fase selanjutnya.

Sejauh ini, Tien Linh saat ini berstatus sebagai pemain Vietnam yang mencetak gol terbanyak di ajang kualifikasi Piala Dunia dengan catatan 8 gol.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Berita Terkait

Berita Terkini