Bolaindonesia

Garang, Deretan Pemain yang Layak Diwaspadai Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Timnas Indonesi U-23 perlu mewaspadai sejumlah pemain ini.

Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto

Pemain Timnas Vietnam, Nguyen Hoang Duc (kanan). [Haitham AL-SHUKAIRI / AFP]
Pemain Timnas Vietnam, Nguyen Hoang Duc (kanan). [Haitham AL-SHUKAIRI / AFP]

Bolatimes.com - Sederet pemain yang bakal jadi lawan Timnas Indonesia U-23 di fase grup SEA Games 2021 patut diwaspadai. Salah satunya, pemain Vietnam Nguyen Hoang Duc.

SEA Games 2021 akan digelar di Hanoi, Vietnam mulai dari 6 Mei 2022 mendatang. Pada fase grup ini, tim asuhan Shin Tae-yong bakal bertemu anak asuh Park Hang-seo.

Laga tak mudah timnas Indonesia U-23 mengadapi Vietnam ini akan dilangsungkan di hari pertama (6 Mei). Kemudian, skuad Garuda Muda ditantang Timor Leste (10 Mei).

Sisanya timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Filipina (13 Mei) dan Myanmar (15 Mei). Melihat lawannya itu, skuad asuhan Shin Tae-yong tak boleh memandang remeh jika mau meraih medali emas di SEA Games 2021 kali ini.

Pasalnya tiap negara yang jadi lawan Indonesia U-23 punya pemain andalan yang hebat. Terlebih Vietnam yang memang punya skuad mumpuni dan akan menjadi pesaing berat skuad Garuda.

Berikut empat pemain yang patut diwaspadai oleh timnas Indonesia U-23 di fase grup SEA Games 2021.

1. Nguyen Hoang Duc (Vietnam)

Nguyen Hoang Duc merupakan pemain yang dipanggil Park Hang-seo untuk mengisi slot senior di Vietnam. Maka dari itu, timnas Indonesia U-23 harus mewaspadainya.

Apalagi Park Hang-seo mengatakan, Hoang Duc bisa menjadi senjata rahasianya. Gelandang tersebut bisa diplot sebagai striker jika dibutuhkan.

"Selain Nguyen Tien Ling, kami masih memiliki Le uan Tu, dan Ho Thanh Minh. Bahkan Nguyen Hoang Duc bisa bermain sebagai striker di Vietnam U-23 jika dibutuhkan. Singkatnya saya punya banyak pilihan," ucap pelatih asal Korea Selatan itu dikutip dari Bongda.

Apalagi gelandang berusia 24 tahun ini pernah jadi mimpi buruk timnas Indonesia U-23 di SEA Games edisi sebelumnya. Hoang Duc mencetak gol kemenangan dramatis di fase grup SEA Games 2019 lalu dan Indonesia kalah 2-1.

2. Oliver Bias (Filipina)

Sejauh ini, sangat sedikit terkait informasi persiapan Filipina jelang SEA Games 2021 kali ini. Meski begitu, The Azkals tak bisa dianggap remeh.

Timnas Indonesia U-23 pun harus mewaspadai satu nama, yaitu Oliver Bias yang merupakan gelandang kelahiran Jerman.

Melansir dari Transfermarkt, pemain berusia 20 tahun ini punya pengalaman menimba ilmu sepak bola di tim Bundesliga, RB Leipzig. Sejak 2015 ia bergabung akademi Leipzig dan pada musim 2020/2021 cabut dari RB Leipzig U-19.

Oliver Bias kini bergabung dengan Azkals Development Team (ADT). Selain itu, Bienvenido Maranon juga menjadi ancaman jika memang ia bergabung untuk mengisi slot pemain senior.

3. Aung Kaung Mann (Myanmar)

Aung Kaung Mann sejatinya sudah berusia 24 tahun. Namun, ia masih bisa bermain di SEA Games 2021 dengan status pemain senior.

Striker yang merumput di Liga 2 Thaialnd ini akan berbahaya bagi timnas Indonesia U-23. Sebab di edisi SEA Games 2019 lalu, ia berhasil mencetak lima gol

Aung Kaung Mann juga sempat membuat timnas Indonesia ketar-ketir karena sempat menyusahkan di SEA Games 2021. Kala itu Myanmar berhasil menyamakan kedudukan dari Garuda Muda meski tertinggal 0-2.

Aung Kaung Mann mencetak salah satu gol, sehingga skor menjadi 2-2. Alhasil, laga berlangsung hingga babak tambahan waktu dan timnas Indonesia U-23 akhirnya menang 4-2.

Berita Terkait

Berita Terkini