Bolaindonesia

5 Pemain yang Kini Jadi Bintang Timnas Indonesia Berkat Polesan Indra Sjafri

Berkat tangan dini Indra Sjafri, pemain ini jadi andalan Timnas Indonesia.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam, Egy Maulana dan Witan Sulaiman saat melawan Singapura. [AP]

Bolatimes.com - Indra Sjafri bisa dibilang sosok yang memiliki andil besar melahirka pemain-pemain berbakat timnas Indonesia, beberapa di antaranya bahkan saat ini sedang menjalani karier di luar negeri.

Tak hanya memberi gelar bergengsi bagi Indonesia, Indra Sjafri memiliki para pemain yang pernah dianggap sebagai generasi emas tim nasional.

Namun tak semua pemain bisa memiliki karier yang baik, meskipun banyak pemain yang memanfaatkan talenta yang dimiliki untuk mengundi nasib di luar negeri.

Berikut ini lima pemain timnas Indonesia polesan Indra Sjafri yang berhasil menembus pasar internasional dan beberapa berkarier di luar negeri.

1. Egy Maulana Vikri

Meski dengan bermasalah dengan klubnya saat ini FK Senica yang disebut belum membayarkan gaji para pemain, Egy Maulana Vikri menjadi salah satu aset masa depan timnas.

Indra Sjafri pernah menjadi sosok yang memoles Egy ketika sang pemain masih bermain di tim nasional U-19 Indonesia.

2. Asnawi Mangkualam

Asnawi kini bermain di kasta kedua Liga Korea Selatan bersama klub Ansan Greeners, performanya berkembang juga karena Indra Sjafri.

Indra merupakan sosok penting yang membuat kualitas berkembang menjadi salah satu fullback kanan terbaik milik tim nasional Indonesia.

Sebelum mengisi pos tersebut, Asnawi dikenal sebagai pemain yang mengisi pos lini tengah yakni gelandang serang tim.

3. Syahrian Abimanyu

Pernah dipinang Johor Darul Takzim, raksasa Liga Malaysia yang namanya kini tengah menanjak tak membuat Syahrian Abimanyu bertahan lama di kompetisi luar negeri.

Terlepas dari itu, Abimanyu merupakan pemain langganan timnas kelompok umur setelah bakatnya ditemukan dan dipoles Indra Sjafri pada 2017 silam.

4. Witan Sulaeman

Sama seperti Abimanyu, Witan Sulaeman juga merupakan andalan Indra Sjafri saat menukangi timnas U-19 Indonesia di tahun 2017.

Sosok yang kini bermain untuk FK Senica juga merupakan pemain langganan tim nasional, terbaru saat tim senior berlaga di Piala AFF 2020.

5. Evan Dimas

Bisa jadi Evan Dimas merupakan anak emas dari Indra Sjafri, salah satu pemain yang membawa timnas Indonesia menenggelamkan Korea Selatan pada 2013 silam.

Karier Evan melejit setelah membawa timnas Indonesia merengkuh Piala AFF U-19 di tahun tersebut, ia menjadi rebutan klub-klub papan atas Liga 1.

(Kontributor: Eko Isdiyanto)

Berita Terkait

Berita Terkini