Bolaindonesia

Shin Tae-yong Soroti Mental Timnas Indonesia U-23 Jelang SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 telah melakoni tiga laga uji coba.

Husna Rahmayunita

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Istimewa)
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Istimewa)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 dinilai masih memiliki kekurangan oleh Shin Tae-yong jelang SEA Games 2021. Utamanya soal mentalitas pemain.

Diketahui, selama pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan, Timnas Indonesia U-23 melakoni tiga uji coba. Hasilnya dua kali kalah dan sekali menang.

Terakhir, saat melawan klub K2 League Daejon Hana Citizen, skuad Garuda Muda kalah dengan skor 2-3, Rabu (27/4/2022)

Dalam pertandingan di Daejon World Cup Stadium, Korea Selatan itu, timnas Indonesia U-23 mampu mengimbangi permainan Daejon khususnya di babak kedua. Dua gol Skuad Garuda Muda masing-masing disumbangkan oleh Ricky Kambuaya (33') dan Irfan Jaya (76').

Pasca laga, Shin Tae-yong menilai timnas Indonesia U-23 telah mengalami peningkatan kondisi fisik tetapi dia tak puas karena secara mental, Garuda Muda dianggapnya menurun.

"Secara fisik memang menjadi baik, tapi isi pertandingan [saya] sangat tidak puas, secara mental menurun. Mungkin ini karena uji coba terakhir dalam training camp," kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI yang diterima Suara.com, Kamis (28/4).

"Saya tegaskan kepada pemain, harus selalu lihat situasi sebelum mendapat bola, prediksi, dan antisipasi. Maksudnya lawan memegang bola, para pemain harus prediksi datang dan ambil bola dari lawan. Itu harapan saya," tambahnya.

Pelatih Shin Tae-yong berpesan agar kekurangan ini dapat segera mungkin diperbaiki oleh pemain Tim U-23 Indonesia, jika ingin meraih medali emas SEA Games 2021 di Vietnam.

"Pastinya perfoma harus ditingkatkan untuk juara," tambahnya.

Usai melakoni tiga laga uji coba dan training camp di Korea Selatan, Timnas Indonesia U-23 akan kembali ke Jakarta pada 29 April 2022.

Rencananya, skuad Garuda Muda akan berada di Jakarta selama beberapa hari untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri sebelum bertolak ke Vietnam pada 3 Mei guna mengikuti SEA Games 2021.

(Suara.com/Arief Apriadi)

Berita Terkait

Berita Terkini